Sukses

Indeks Keyakinan Konsumen di Februari 2022 Turun

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen tetap kuat dan berada pada area optimis, meski mengalami penurunan

Liputan6.com, Jakarta Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen tetap kuat dan berada pada area optimis, meski mengalami penurunan dibandingkan Januari lalu.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2022 sebesar 113,1 (indeks > 100).

"(IKK Februari 2022) lebih rendah dibandingkan 119,6 pada Januari 2022," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Rabun (9/3/2022).

Erwin menyampaikan, turunnya IKK pada Februari 2022 akibat konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan.

Ini ditengarai sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Sesuai Harapan

Selain itu, turunnya IKK bulan Ini dibandingkan Januari lalu disebabkan oleh ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang yang lebih terbatas.

Baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun kegiatan usaha, meskipun masih berada pada area optimis.

"Pada saat yang sama, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan PPKM yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.