Sukses

Jaga Keberlangsungan Bisnis, Perusahaan Perlu Didukung SDM Berkualitas

Sejauh ini belum ada yang menaruh perhatian yang akurat dalam hal menemukan talenta yang tepat

Liputan6.com, Jakarta Selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) di Indonesia, salah satu target pemerintah untuk mendukung perencanaan tersebut adalah meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Selain karena kemajuan era dan meningkatnya kebutuhan industri dalam negeri terhadap talenta berkualitas setiap tahunnya (diperkirakan meningkat sebanyak 600.000 orang),peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang unggul juga diperlukan untuk menghadapi eraVUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity).

Talenta diharapkan dapat memiliki keterampilan lebih, kemampuan beradaptasi dan bekerja secara cepat, efisien dan tangkas. Kapabilitas talenta yang seperti ini kedepannya juga akan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Di samping pemahaman dan bakat secara teknis yang terkait dengan industri, peningkatan kompetensi talenta yang diharapkan juga meliputi adanya kesadaran diri (Self-Awareness), pertumbuhan pola pikir (Growth Mindset), kecerdasan emosional (Emotional Intelligence), pembelajaran seumur hidup (Lifelong Learner), dan penyesuaian yang cepat dengan budaya perusahaan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Karya Talents hadir sebagai perusahaan penyaringan dan penyaluran talenta yang memiliki unique algorithm dengan sistem yang lebih customized dan algoritma yang akan disesuaikan.

Selain mencocokkan pengalaman kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, Karya Talents juga mencari perpaduan unik antara kepribadian dan keterampilan calon pelamar kerja dengan menggunakan tes asesmen yang disebut VIP (Value, Personality, Interest). Misi Karya Talent berfokus pada pertumbuhan pola pikir (Growth Mindset) dan kecerdasan emosional (Emotional Intelligence).

Melalui tes VIP ini, Karya Talents ingin membantu calon pelamar memahami diri mereka secara mendalam, serta membantu perusahaan mendapatkan kandidat yang memiliki value kerja yang sesuai dengan value perusahaan. Selain itu, KaryaTalents juga menyediakan pelatihan kepada pelamar kerja yang bergabung dalam jaringanKarya Talents untuk meningkatkan kompetensi di bidang masing-masing.

“Kami melihat bahwa sejauh ini belum ada yang menaruh perhatian yang akurat dalam hal menemukan talenta yang tepat. Oleh karena itu visi kami dalam membentuk Karya Talents adalah ingin membantu perusahaan mendapatkan talenta yang tepat," kata Chairman dan Co-Founder dari Karya Talents, DR. Suparno, Selasa (8/3/2022).

"Mereka perlu menjaga keseimbangan perusahaan agar bisa terus survive di era ini. Salah satunya dengan memiliki talenta yang tepat di bidangnya. Karya Talents memastikan kualitas talenta yang telah kami referensikan dapat mendukung perusahaan dalam menjaga ketahanan terlebih dalam situasi yang sulit saat ini," lanjut dia.

Suparno juga menjelaskan bahwa Karya Talents dalam hal ini tidak hanya memberikan talenta terbaik bagi perusahaan yang membutuhkan, namun memastikan penyaringan, pembekalan, pelatihan dan penyaluran yang paling tepat.

“Oleh karena itu, diawal tahun 2022 ini Karya Talents memperkenalkan KT 300 Club, salah satu program terbaru yang kami rancang untuk menghasilkan talenta terbaik yang dibutuhkan. KT300 Club merupakan wadah tempat berkumpulnya para talenta berpotensi dari berbagai bidang pekerjaa," ungkapnya.

"Asses (Penilaian), Consult (Konsultasi), Equip (Memperlengkapi), dan Empower(Pemberdayaan) menjadi 4 pilar yang melengkapi program ini guna memastikan para talenta tidak hanya bertemu dengan lapangan pekerjaan yang tepat, tidak hanya kompeten secara teknis dan emosional, namun juga memiliki pola pikir yang terus berkembang serta kemampuan beradaptasi baik terhadap tanggung jawab yang lebih besar ataupun budaya organisasi," tutur dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usung 4 Pilar

4 pilar yang diusung KT 300 Club memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Untuk pilarAsses, Karya Talents memiliki skema yang disebut VIP (Value, Interest, Personality). Ini menjaditahapan awal di mana calon pelamar akan diajak untuk memiliki self-awareness; mengetahuipotensinya dan melihat blindspot yang dimiliki.

Dari penilaian yang telah dilakukan, akan muncul hasil berbentuk Candidate Profil Reports. Hasil ini berisi data lengkap yang akandiberikan kepada perusahaan agar mereka mengetahui bagaimana calon pelamar tersebut "Fitright" (cocok/ tepat) dengan perusahaannya, dan juga sebagai tolak ukur untuk membuatkeputusan mempekerjakan.

Pilar kedua ialah Consult. Pada tahapan ini talenta akan digali lebih dalam secara case-by-casedalam hal personality, emotional intelligence, strong points, weakness, areas of development, communication style, dan masih banyak lagi, yang akan dibahas berdasarkan Result VIPAssessment yang sudah diterima dari tahapan Asses.

Sesi ini akan dilakukan dengan Professional Career Consultation.Setelahnya, Karya Talents akan membekali (Equip) calon pelamar dengan newsletter, kontendan e-learning yang diberikan secara berkala agar mereka dapat terus terinformasi (update), berkembang dan belajar.

Tidak hanya itu, Karya Talents juga menggandeng partner terbaikuntuk menyediakan program pemberdayaan (empower) untuk para calon pelamar, sepertiworkshop dengan topik kepemimpinan (leadership), pengembangan talenta yang dibutuhkanpada era VUCA saat ini, serta masih banyak lagi.

Karya Talents yakin program KT 300 Club ini juga akan memberikan kemudahaan yang cukupsignifikan bagi perusahaan.

"Bukan hanya penyaringan, tapi pemberdayaan dan pelatihan bagicalon pelamar juga sangat penting. Proses ini akan membantu perusahaan untukmenyeimbangkan faktor kompetensi dan karakter dalam proses penyaringan. Perusahaan jugaakan lebih mudah untuk menemukan talenta terbaik secara tepat, ini juga membantumemastikan keseimbangan perusahaan dalam menghadapi pergerakan bisnis yang sangatcepat saat ini," jelas Human Resources Director BlueBird Group Pambudi Sunarsihanto.

Melalui KT 300 Club ini, Suparno juga berharap dapat membantu pemerintah dalammeningkatkan kompetensi SDM dengan memiliki pola pikir (Growth Mindset), kecerdasanemosional (Emotional Intelligence) yang terbaik dan siap memasuki era industri 4.0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.