Sukses

Cara Menjawab Saat Ditanya Alasan Ingin Bergabung dengan Perusahaan

Tidak sedikit kandidat yang masih bingung ketika harus menjawab pertanyaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pertanyaan yang akan diajukan oleh perekrut ketika wawancara kerja adalah mengenai alasan kandidat karyawan ingin bergabung dengan perusahaan.

Sebagai pelamar, Anda tentu harus menjawabnya dengan jelas dan meyakinkan. Sebab, jawaban tersebut dapat membantu tim perekrut memutuskan apakah Anda layak mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut atau tidak.

“Apa yang dicari pewawancara ketika mereka menanyakan pertanyaan itu adalah kedalaman pemikiran dan keseriusan yang dimiliki seorang kandidat tentang bekerja di perusahaan ini,” ungkap CEO Recruit Rockstars Jeff Hyman seperti melansir laman CNBC, Rabu (9/3/2022).

Tidak sedikit kandidat yang masih bingung ketika harus menjawab pertanyaan ini. Karena itu, Hyman bersama pelatih karier lain yaitu Emily Liou akhirnya membagikan kiat terbaik untuk menjawab pertanyaan ini yang biasa diajukan oleh tim perekrut ketika wawancara kerja.

Pahami Lebih Dalam Tentang Perusahaan

Sebelum wawancara, Anda harus memahami lebih dalam segala hal tentang perusahaan. Caranya bisa dengan membaca liputan berita terbaru, posting media sosial, ulasan karyawan di di situs webnya, atau lainnya.

“Anda harus benar-benar terlihat menonjol sebagai kandidat, tunjukkan bahwa Anda telah beurpaya untuk memahai lebih jauh perusahaan yang Anda minati,” kata Liou.

Lebih lanjut dia menjelaskan, “Ketika mendapat kesempatan wawancara di Apple, misalnya, Anda bisa memberi tahu tim perekrut bahwa Anda ingin bekerja di sana karena perusahaan tersebut mampu membuat komputer keren.”

Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan bahwa visi misi perusahaan tersebut sejalan dengan tujuan atau memiliki peluang kerja yang tinggi, saran Hyman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temukan Koneksi Pribadi

“Salah satu tindakan paling memberdayakan yang dapat Anda lakukan sebagai kandidat adalah menceritakan apa pun itu yang secara khusus menarik Anda ke sebuah organisasi,” kata Liou.

Bila bingung, Liou menyarankan, “Anda dapat mengatakan, ’Saya menyukai reputasi yang telah dibangun perusahaan Anda dengan memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang sangat baik atau feedback yang diberikan kepada masyarakat melalui X, Y dan Z, itu adalah nilai-nilai penting bagi saya juga.”

Terakhir, tutup jawaban Anda dengan menjelaskan dampak langsung yang Anda harapkan pada tim.

“Ketika seseorang mewawancarai kandidat, mereka memiliki masalah yang perlu dipecahkan, apakah itu meningkatkan pendapatan, meluncurkan produk baru, atau yang lainnya,” kata Hyman.

Oleh karena itu, pertanyaan seperti “Mengapa Anda ingin bekerja di sini?” adalah kesempatan besar untuk menunjukkan bahwa Anda tidak hanya bersemangat menjalankan misi dan peluang perusahaan. Akan tetapi, “Anda melihat peluang untuk membantu memecahkan masalah dan membuat dampak nyata bagi perusahaan,” jelas Hyman.

Liou menambahkan, perusahaan akan mencari orang yang memahami misinya dan benar-benar berkomitmen pada tugas dan tanggung jawab.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.