Sukses

Rupiah Melemah, Digoyang Sentimen Perang Rusia-Ukraina

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Senin sore melemah

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Senin sore melemah. Pelemahan ini dipicu sentimen hindar aset berisiko akibat konflik Rusia dan Ukraina.

Rupiah ditutup melemah 28 poin atau 0,19 persen ke posisi 14.415 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.387 per dolar AS.

"Dolar AS menguat dan ada sentimen hindar aset berisiko yang disebabkan ketegangan di Ukraina," kata analis Monex Investindo Futures Faisyal seperti dikutip dari Antara, Senin (7/3/2022).

Pasukan Rusia telah menguasai pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa pada Jumat (4/3) lalu dalam apa yang disebut Washington sebagai serangan yang sembrono yang berisiko menimbulkan bencana.

Sementara itu dolar AS menguat di tengah pasar yang mencerna data pertumbuhan tenaga kerja AS yang melonjak pada Februari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Tenaga Kerja AS

Kementerian Ketenagakerjaan AS melaporkan Non-Farm Payroll (NFP) mencapai 678.000 pekerjaan, di atas konsensus 400.000 pekerjaan sepanjang Februari 2022 atau tertinggi sejak Juli 2021.

Data lainnya, tingkat pengangguran AS tercatat 3,8 persen, lebih rendah dari konsensus 3,9 persen atau terendah sejak Februari 2020.

Hal itu meningkatkan optimisme bahwa ekonomi dapat menahan peningkatan tekanan dari ketegangan geopolitik, inflasi, dan kebijakan moneter yang lebih ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.