Sukses

MotoGP Mandalika 2022 Bikin UMKM Indonesia Makin Dikenal Dunia

Untuk mensukseskan promosi UMKM di ajang MotoGP, Kementerian koperasi dan UKM bersinergi dengan Kementerian dan Lembaga hingga stakeholder terkait, hingga pihak swasta.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM belum menargetkan jumlah transaksi UMKM dalam perhelatan MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

“Kita tidak ada target, tapi kita berharap bahwa ini cukup dikenal produk-produk kita, kita belum menargetkan transaksinya berapa. Karena produknya masih kita nilai, kita yang penting, produk-produk ini sudah dikenal dan digandrungi digunakan oleh banyak pihak,” kata Deputi UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, dalam konferensi pers, Jumat (4/3/2022).

Di samping itu, untuk mensukseskan promosi UMKM di ajang MotoGP, Kementerian koperasi dan UKM bersinergi dengan Kementerian dan Lembaga hingga stakeholder terkait, hingga pihak swasta.

“Kita bersinergi dalam pemberdayaan UMKM, dalam rangkaian penyelenggaraan event MotoGP 2022 yang diharapkan mendorong dan menggerakan perekonomian khususnya di provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujarnya.

Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan beberapa kementerian dan lembaga-lembaga seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif Indonesia, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB serta stakeholder lainnya seperti BRI, dan pihak-pihak lainnya.

“Kemenparekraf akan menyiapkan planogram di bandara Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM) dan foodtruck, sementara BI akan menyiapkan Showcasing di dalam sirkuit Mandalika, sedangkan Pemda NTB menyediakan lokasi showcase UMKM di 14 titik,” ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 Provinsi

Sementara, Kementerian koperasi dan UMKM sendiri akan menghadirkan pameran produk-produk unggulan dari 14 provinsi di dua titik lokasi pameran di dalam Pertamina Mandalika International Sirkuit.

Untuk titik lokasi pameran pertama seluas 1.200 meter persegi, yang akan menampilkan produk UKM unggulan dari kategori otomotif, merchandise dan souvenir serta healthy product. Kemudian, titik lokasi pameran kedua 100 meter persegi akan menampilkan produk UKM unggulan kategori food and beverage.

Adapun jumlah UKM yang di fasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM, kemenparekraf, Bank Indonesia dan Pemda NTB sebagai berikut yaitu secara total sebanyak 1.256 UKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.