Sukses

Kapan Hasil Kartu Prakerja Gelombang 23 Diumumkan, Ini Kata Manajemen

Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 23 pada Kamis, 17 Februari 2022 dan ditutup pada 20 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta Manajemen pelaksana program Kartu Prakerja menyatakan, hingga kini masih melakukan proses verifikasi untuk menentukan peserta Kartu Prakerja gelombang 23 yang lolos ke tahap selanjutnya.

Hal itu disampaikan Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem (KKPE) Kartu Prakerja Sumarna Abdurrahman, kepada Liputan6.com, Jumat (4/3/2022).

“Sekarang masih proses verifikasi calon penerima yang kali ini dilakukan secara berlapis,” ucap Sumarna.

Sebelumnya, Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 23 pada Kamis, 17 Februari 2022 dan ditutup pada 20 Februari 2022.

Pemerintah menyiapkan 500 ribu kuota Kartu Prakerja dalam gelombang ini. Tentunya, bagi masyarakat yang belum sempat ikut pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 karena sudah ditutup, dapat ikut di Gelombang 24.

Kartu Prakerja gelombang 23 dan seterusnya masih akan diprioritaskan bagi mereka yang belum menerima bantuan, mengingat statusnya sebagai program semi-bansos.

Adapun besar bantuan Kartu Prakerja di tahun ini masih sama seperti periode sebelumnya, yakni Rp 3.550.000. Dengan rincian biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif Rp 2,4 juta, dan juga insentif survei Rp 150 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Cek Kelolosan

Buat kamu ingin tahu apakah dirinya lolos atau tidak usai mendaftar, melansir dari laman prakerja.go.id, begini cara untuk memeriksa status penerimaan seleksi kartu prakerja gelombang 23. Caranya:

1. Melalui Dashboard Prakerja

a. Status penerimaan bisa diperiksa melalui notifikasi di dashboard pada laman prakerja.go.id

Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, berarti proses seleksi sedang berjalan.

b. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja.

Peserta tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Hal ini dilakukan agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

c. Selanjutnya, apabila dinyatakan tidak lolos, peserta akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard.

Peserta bisa memeriksa alasan ketidaklolosan melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

2. Melalui pesan singkat atau SMS

Selain melalui dashboard, status penerimaan akan diumumkan melalui pesan singkat atau SMS. Pemberitahuan SMS ini dikirimkan ke nomor telepon yang didaftarkan saat peserta membuat akun.

Jadi, patut diingat dan dipastikan nomor yang dimasukkan ketika mendaftar benar dan masih aktif.

Kapan SMS akan diterima? itu saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang diumumkan.

Nantinya, jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya yakni mengikuti pelatihan pertama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.