Sukses

4 Tips Sukses Membangun Bisnis Sejak Dini

Anda perlu menyimak informasi mengenai empat tips wirausahawan yang memulai bisnis dari awal

Liputan6.com, Jakarta Memulai bisnis dari awal bukanlah hal yang mudah, tetapi sangat bermanfaat. Jika Anda bersedia untuk bekerja dan bertahan, Anda sudah berada di jalan menuju kesuksesan.

Sebagai seorang yang ingin memulai bisnis dari awal seperti apa, Anda perlu menyimak informasi mengenai empat tips wirausahawan yang memulai bisnis dari awal, yang telah dirangkum liputan6.com dari forbes.com, Jumat (4/3/2022).

1. Dapatkan Mentor untuk Bisnis Anda

Memiliki seorang mentor dapat berperan penting dalam kesuksesan bisnis Anda karena Anda akan memiliki penasihat tepercaya dalam memberikan saran dan bimbingan kepada Anda. Kuncinya adalah menemukan mentor yang memiliki pengalaman di bidang Anda sehingga mereka dapat memberi Anda nasihat orang dalam yang spesifik. 

2. Manfaatkan Sumber Daya Gratis dan Biaya Rendah Yang Tersedia untuk Bisnis Baru

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk pengusaha online yang gratis atau sangat murah. Organisasi seperti SCORE dan SBA menawarkan program pendidikan dan pendampingan, dan platform pembelajaran online seperti Udemy dan Coursera menawarkan sertifikasi berbiaya rendah dan kursus khusus keterampilan. Selain cara-cara formal untuk memperoleh pengetahuan, mungkin cara gratis terbaik untuk belajar adalah dengan membaca, mulai dari membaca buku terkait bisnis ataupun artikel berita tentang bisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Mengambil Tindakan

Keberhasilan usaha tidak akan diperoleh tanpa adanya action atau tindakan untuk memulai usaha. Dengan memulai bisnis, maka Anda akan mengetahui apakah bisnis yang Anda lakukan kelak akan berkembang dan sukses ke depannya atau tidak. Dari adanya action yang nyata juga akan membantu Anda untuk menemukan kekurangan yang ada dalam berwirausaha dan apa langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan itu secepatnya. Kepiawaian Anda untuk dapat bersaing dengan pengusaha lainnya akan diuji saat Anda melakukan action ini. Jika dapat bersaing, maka Anda sudah dekat dengan gerbang kesuksesan dalam berbisnis.

 

4. Sabar

Kesabaran adalah kunci kesuksesan bagi seorang wirausahawan, karena tidak peduli seberapa besar harapan Anda agar sesuatu terjadi dengan cepat, membangun bisnis hanya membutuhkan waktu. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat fondasi yang kokoh agar bisnis Anda memiliki dasar untuk dapat berkembang. Anggap saja seperti menanam pohon apel. Pohon apel tidak tumbuh atau berbuah dalam semalam, tetapi jika Anda menanam benih, lalu menyiraminya, merawatnya, dan mengolahnya, ia akan bertunas. Jika Anda terus melakukan hal-hal itu, itu akan mulai tumbuh lebih besar dan lebih kuat, dan pada akhirnya akan memberi Anda buah.

inilah empat tips untuk kamu yang mau sukses memulai bisnis. Jangan ragu untuk memulai meski kamu baru pemula, terus belajar dan ambil peluangmu. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu berani bermimpi dan mau berusaha. Jalani semua yang kamu inginkan dengan selalu memberi yang terbaik karena percayalah, proses tak akan mengecewakan hasilnya. Selamat sukses dan semangat!

 

Reporter: Farah Meilinda Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.