Sukses

Harga Minyak Dunia Meroket, Sentuh Level Tertinggi Satu Dekade

Harga minyak AS naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade dalam perdagangan Rabu

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak AS naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade dalam perdagangan Rabu, dengan patokan global Brent mencapai USD 113 per barel. Ini terjadi setelah OPEC dan sekutu penghasil minyaknya, termasuk Rusia, memutuskan untuk mempertahankan produksi tetap stabil.

Pasar minyak sudah ketat sebelum invasi Rusia ke Ukraina, dan dengan negara-negara yang sekarang menghindari minyak dari produsen utama Rusia, para pedagang khawatir bahwa kekurangan pasokan akan mengikuti.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, patokan minyak AS, melonjak lebih dari 8 persen menjadi diperdagangkan pada USD 112,51 per barel, level tertinggi sejak Mei 2011. Patokan global minyak mentah Brent naik 8,3 persen menjadi USD 113,58 per barel, level tertinggi sejak Juni 2014.

Harga kemudian pindah dari tertinggi mereka. Sekitar pukul 11:30 pagi di Wall Street WTI berdiri di USD 106,73, dengan Brent diperdagangkan di USD 109,18.

Selama perdagangan Selasa, WTI naik 8,03 persen menjadi menetap di USD 103,41 per barel, sementara Brent naik 7,15 persen menjadi USD 104,97.

OPEC dan sekutunya mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan meningkatkan produksi pada bulan April sebesar 400.000 barel per hari di atas tingkat Maret, meskipun reli minyak yang terik telah mendorong harga jauh di atas USD 100.

“Tidak ada jeda. Ini adalah momen dramatis bagi pasar dan dunia serta pasokan,” kata John Kilduff, partner di Again Capital. “Jelas dunia harus melawan Rusia dengan menutup ekspor minyaknya,” tambahnya, mencatat bahwa pasar tidak mampu kehilangan minyaknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Sejak 2014

Baik WTI dan Brent melonjak di atas USD 100 Kamis lalu untuk pertama kalinya sejak 2014 setelah Rusia menginvasi Ukraina, memicu kekhawatiran pasokan.

"Harga minyak mentah tidak dapat berhenti naik lebih tinggi karena pasar minyak yang sangat ketat kemungkinan akan melihat risiko lebih lanjut terhadap pasokan saat Perang di Ukraina berlangsung," kata Ed Moya, analis pasar senior di Oanda. "Minyak mentah Brent bisa melonjak ke level $ 120 jika pasar minyak mulai berpikir kemungkinan sanksi akan ditempatkan pada energi Rusia."

Pada hari Selasa negara-negara anggota Badan Energi Internasional mengumumkan rencana untuk melepaskan 60 juta barel cadangan minyak dalam upaya untuk mengurangi kenaikan harga minyak. Sebagai bagian dari itu, AS akan melepaskan 30 juta barel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.