Sukses

Akhirnya Harga Emas Tergelincir Juga

Harga emas tergelincir pada hari Rabu karena peningkatan selera risiko dan imbal hasil obligasi AS.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas tergelincir pada hari Rabu karena peningkatan selera risiko dan imbal hasil obligasi AS. Sementara kekhawatiran atas krisis pasokan yang mungkin mengikuti sanksi terhadap Rusia membuat harga paladium logam katalis otomatis mendekati puncak tujuh bulan.

Dikutip dari CNBC, Kamis (3/3/2022), harga emas di pasar spot turun 1,1 persen pada USD 1.921,56 per ons pada 14:01. EST (1901 GMT).

Harga emas berjangka AS 1,1 persen lebih rendah pada USD 1.922,30.

“Kami melihat lebih banyak kemunduran yang dimotivasi secara teknis karena ada sedikit kebutuhan untuk tempat berlindung yang aman. Kami telah melihat pasar ekuitas stabil," kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

Wall Street menguat dan benchmark imbal hasil Treasury 10-tahun AS naik tipis setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengisyaratkan kenaikan suku bunga bisa dimulai bulan ini meskipun ada ketidakpastian seputar konflik di Ukraina.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh Suku Bunga AS

Meskipun emas dianggap sebagai investasi yang aman selama ketidakpastian seperti itu, emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan.

Analis juga mengatakan pergerakan emas mungkin telah dipimpin oleh pesanan jual besar, mendorong penurunan sekitar USD 20 sekitar 5:27 EST (1027 GMT), tetapi tidak jelas siapa atau apa yang mendorong pergerakan tersebut.

Sementara itu, analis Commerzbank Daniel Briesemann mencatat bahwa harga emas bisa naik meskipun ada kenaikan suku bunga AS pada Maret karena semuanya tergantung pada bagaimana konflik Rusia-Ukraina berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi