Sukses

Jangan Sepelekan! Pengusaha Inilah Tantangan Berbisnis Terbesar di 2022

Sebagai seorang wirausahawan di berbagai sektor mulai dari hiburan hingga layanan investasi, dapat membuktikan beberapa tantangan ini secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha menghadapi berbagai tantangan memasuki tahun 2022 ini, beberapa di luar profesi mereka, yang lain faktor dari dalam.

Sebagai seorang wirausahawan di berbagai sektor mulai dari hiburan hingga layanan investasi, dapat membuktikan beberapa tantangan ini secara langsung.

Kira-kira apa saja ya yang dapat mempengaruhi pengusaha di tahun mendatang, seperti dikutip Liputan6.com dari forbes.com, Rabu (2/3/2022).

1. Faktor Eksternal

Mungkin tantangan terbesar yang akan Anda hadapi saat memasuki tahun 2022, dan sepanjang tahun, berasal dari faktor eksternal.

Ini bukanlah hal-hal yang mungkin selalu dapat Anda kendalikan, dan Anda mungkin juga tidak memiliki solusi untuk itu.

Namun, penting untuk diketahui, jadi Anda mungin bisa menggagalkan konsekuensi terburuknya. Tantangan intrinsik selalu hadir, kita akan melihat ini berdasarkan apa yang harus dibawakan pada tahun 2022.

  •  Inflasi

Pada Desember 2021 melihat inflasi mencapai 7 persen untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Ketika ekonomi mulai bergerak kembali, permintaan yang tinggi untuk produk memberikan tekanan yang berlebihan pada harga. Yang memperparah situasi ini adalah melonjaknya biaya energi.

Inflasi adalah kekhawatiran khusus ketika Anda memegang uang tunai dalam jumlah besar. Nilai uang Anda sedang terkikis karena menduduki di rekening giro. Sedangkan barang atau bahan yang Anda butuhkan untuk kebutuhan produksi Anda semakin mahal.

Untuk membatasi efek negatif inflasi, Anda dapat mencoba dana tunai serendah mungkin. Anda sekarang dapat menyimpan persediaan yang diperlukan lebih jauh. Misalnya, jika Anda berpikir untuk berinvestasi dalam peningkatan bisnis, sekarang mungkin waktu yang lebih baik daripada nanti.

  • Kekurangan tenaga kerja

Sebagai contoh di Amerika Serikat, Biro Statistik Tenaga Kerja negara ini mencatat 4,3 juta orang meninggalkan pekerjaan mereka.

Kekurangan tenaga kerja mulai relevan dengan banyak bisnis. Tergantung pada jenis industri tempat Anda berada, mungkin ada saluran alternatif yang dapat Anda cari untuk karyawan.

Bergantung pada jenis pekerjaan yang perlu Anda lakukan, semakin banyak pengusaha dan karyawan yang dapat menemukan satu sama lain melalui platform online.

Platform ini menawarkan peluang bagi pengusaha dan pemilik bisnis untuk menemukan pekerja lepas yang dapat melakukan berbagai macam pekerjaan secara online.

Beberapa contoh platform yang valid termasuk Guru dan Upwork. Kedua platform ini mengenakan biaya untuk layanan mereka. Tapi kemudian, layanan perekrutan apa yang tidak? Apa yang Anda dapatkan adalah tenaga kerja potensial dari seluruh negara dan di seluruh dunia. Setiap pekerja lepas diverifikasi oleh platform, dan pemberi kerja sebelumnya dapat meninggalkan ulasan untuk panduan lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Faktor intrinsik

Faktor intrinsik ini adalah faktor-faktor yang melekat pada profesi Anda sebagai pengusaha. Namun, mungkin ada beberapa wawasan tentang bagaimana Anda mengelola masing-masing aspek ini. Mari kita lihat apa yang paling relevan untuk tahun 2022.

  • Manajemen arus kas

Arus Kas yang stabil sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Banyak pengusaha berjuang untuk membayar tagihan mereka, pekerja dan sewa, belum lagi memberikan diri mereka penghasilan tetap. Masalahnya sebagian besar disebabkan oleh pembayaran yang tertunda. Seringkali klien ingin membayar 30 atau terkadang 60 hari setelah menerima faktur.

Untuk menahan penundaan ini, Anda dapat meminta faktur setiap 15 hari, bukan bulanan. Ini memecah waktu Anda menunggu dari satu pembayaran ke pembayaran berikutnya. Pilihan lain adalah meminta uang muka setelah kontrak dimulai.

Anda juga dapat meminta pembayaran dilakukan pada penyelesaian proyek – terutama ketika produk sedang online, dan hampir pasti pelanggan ini dapat melakukan pembayaran dari telepon mereka jika mau.

  • Manajemen Waktu

Waktu, seperti halnya uang, adalah aset yang berharga dan Anda harus sangat selektif dalam menginvestasikannya. Banyak pengusaha merasa bahwa tidak ada cukup waktu dalam sehari. Kurangnya waktu mungkin, karena kurangnya memprioritaskan dan mendelegasikan.

Selalu mengatur sendiri daftar tugas secara tertulis. Menuliskan tugas akan membantu Anda menempatkannya ke dalam perspektif. Kemudian Anda dapat menulis ulang daftar dengan prioritas tertinggi di bagian atas.

Selalu tanyakan pada diri sendiri apakah yang Anda lakukan adalah yang paling penting, dan kemudian tanyakan pada diri sendiri apakah benar-benar perlu melakukannya.

Banyak pengusaha ingin menyelesaikan pekerjaan sendiri. Seperti kata pepatah, jika Anda ingin pekerjaan dilakukan dengan baik, lakukan sendiri.

Tapi ini mungkin tidak selalu terjadi. Jika tidak mutlak penting, maka Anda harus mendelegasikan. Dan, jika Anda lebih sering mendelegasikan, Anda mungkin akan merasa lebih bergun daripada yang Anda kira.

  • Pendanaan

Pendanaan adalah masalah yang dimiliki oleh pengusaha Baru dan mapan. Jika Anda masih dalam tahap startup, Anda mungkin mencari investor atau pendanaan awal.

Jika Anda seorang pengusaha mapan, Anda mungkin perlu menanggung biaya tambahan atau menutupi biaya pasokan tepat waktu.

Bagi pengusaha yang sedang mengembangkan startup, Anda akan mencari angel investor atau dana modal ventura. Tentu saja, semua orang menyebut teman dan keluarga sebagai sumber pendanaan yang layak.

Kita tahu bahwa seringkali tidak demikian. Beberapa platform online yang menghubungkan penyandang dan dan pendiri, seperti Funded dan FundersClub, mungin merupakan pilihan yang lebih baik.

Jika inflasi terus meningkat pada 2022, pendanaan akan semakin mahal. Jika Anda akan menggunakan batas kredit, Anda dapat meningkatkan penggunaannya dengan menerapkan arus kas yang lebih efisien, yang akan menghemat banyak pembayaran bunga.

3. Kepuasan

Menjadi pengusaha yang sukses mungkin adalah salah satu profesi yang paling menantang di luar sana. Tapi itu juga yang paling memuaskan, tanpa ada keraguan sedikit pun.

Tapi bukan uang yang paling memuaskan, itu adalah kepuasan mengatasi hambatan baru dan terus-menerus muncul dengan cara yang kreatif dan rajin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.