Sukses

Penjelasan Lion Air Soal Penerbangan JT-607 yang Alami Kendala saat akan Terbang

Penerbangan Lion Air JT-607 mengudara pukul 12.45 WIB dari Bandar Udara Sultan Thaha dan telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 13.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air memberikan penjelasan mengenai penerbangan nomor JT-607 rute Bandar Udara Sultan Thaha Jambi (DJB) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang Banten yang sempat tertunda pada Minggu 27 Februari 2022. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, penerbangan nomor JT-607 mengalami penundaan keberangkatan pada Minggu kemarn. Seharusnya pesawat tersebut terbang pada 06.00 WIB. 

"Sudah diterbangkan (diberangkatkan) di hari yang sama menggunakan pesawat Lion Air lainnya yaitu Boeing 737-800NG registrasi PK-LSF," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (28/2/2022).

Penerbangan JT-607 mengudara pukul 12.45 WIB dari Bandar Udara Sultan Thaha dan telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 13.45 WIB.

"Penerbangan tersebut diputuskan tertunda pemberangkatan dikarenakan dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan operasional penerbangan," kata Danang. 

 Lion Air bernomor terbang JT-607 rencananya akan membawa tujuh awak pesawat serta 164 penumpang. Proses pelaksanaan penerbangan dilaksanakan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Setelah tahapan penanganan penumpang, bagasi dan kargo selesai, pesawat registrasi PK-LPU bersiap untuk lepas landas. Pada fase ini, saat pesawat masih di darat, pilot memutuskan untuk kembali ke landas parkir dikareanakan ada salah satu indikator pada pesawat yang harus segera dilakukan pengecekan.

"Keputusan pilot adalah tepat yang dijalankan sesuai SOP serta petunjuk pelaksanaan penerbangan," jelas Danang.  

Setelah parkir sempurna pada tempatnya , penumpang diarahkan turun menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala Teknis

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT607 tujuan penerbangan Jambi-Jakarta pukul 06.00 WIB, mengalami kendala teknis saat hendak take off di Bandara Sultan Thaha Jambi, Minggu.

Hal ini dibenarkan oleh EGM Bandara Sultan Thaha Jambi, Siswanto saat dikonfirmasi Antara pada Minggu 27 Februari 2022

"Ada kendala teknis, dan ini posisi pesawat belum take off ya sedang bersiap," kata Siswanto.

Siswanto mengatakan, Pilot pesawat melihat ada yang berbeda di kondisi pesawat, sehingga Kapten meminta teknisi untuk mengecek ulang. Dirinya menegaskan bahwa tidak ada indikasi kecelakaan pada pesawat.

"Tidak ada, tidak ada seperti itu (kecelakaan)," katanya.

Pesawat Lion Air JT607 ini membawa penumpang sebanyak 164 penumpang, sebagian besar penumpang merupakan jemaah umrah. Siswanto juga memastikan kondisi penumpang aman dan kondusif.

"Nggak ada masalah, itu hanya untuk memastikan saja," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.