Sukses

Wamendag Ingin Pasar Punya Fasilitas Internet

Kementerian Perdagangan mendorong sejumlah pedagang pasar mulai bisa tersentuh teknologi. Salah satunya dengan tersambung internet.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan mendorong sejumlah pedagang pasar mulai bisa tersentuh teknologi. Ini dilakukan sebagai peningkatan daya saing mereka masing-masing.

Salah satu caranya, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendorong agar pasar memiliki fasilitas internet yang baik. Tidak hanya itu, jika hal ini ada, selanjutnya dapat didudukung dengan menggunakan pembayaran non-tunai.

"Kalau bisa nanti juga jaringan internet dibangun secara lebih komprehensif, karena kami di Kementerian Perdagangan juga 'concern' dengan digitalisasi pasar. Ke depan, kalau digitalisasi bagus, pembayaran bisa 'cashless'," kata Wamendag usai meninjau lokasi pembangunan Pasar Induk Jodoh, Batam seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/2/2022).

Pihaknya memberikan perhatian pada pemberdayaan seluruh pasar yang menggerakkan aktivitas perdagangan agar menggunakan pembayaran non-tunai.

Selain itu, pihaknya juga berharap Pasar Induk Jodoh di Batam tidak hanya berfungsi sebagai pusat perdagangan, melainkan juga rekreasi, karena lokasinya yang menghadap laut dengan pemandangan relatif bagus.

"Area sebesar ini strategis sekali, apalagi langsung menghadap laut, ini salah satu yang perlu kita dorong, tidak hanya untuk perdagangan, tapi juga pariwisata. Masyarakat, khususnya anak muda bisa sambil melihat, sambil berdagang, sambil belanja, juga sambil berdarmawisata," kata dia.

Wamendag meninjau lokasi pembangunan Pasar Induk Jodoh, Batam bersama Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau.

"Kami melihat relokasi dan observasi apa kira-kira yang dibutuhkan dalam pembangunan pasar, karena ini salah satu pusat aktivitas masyarakat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibangun Kementerian PUPR

Pasar Induk Jodoh akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namun, karena pasar bersinggungan dengan perdagangan, maka Kementerian Perdagangan memiliki tanggung jawab moral dan memberikan yang dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas perdagangan, kata dia.

Dalam proses pembangunan, pihaknya juga memastikan syarat pembangunan pasar terpenuhi pada pembangunan di Batam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.