Rusia-Ukraina Perang, Kekayaan Vladimir Putin vs Volodymyr Zelensky Bak Bumi dan Langit

Oleh Tira Santia pada 26 Feb 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2022, 22:13 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin
Perbesar
Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Serangan Rusia ke Ukraina menyedot perhatian dunia, situasi ini disebut-sebut sebagai perang dunia ketiga. Namun yang tak kalah menarik adalah sosok pemimpin dari kedua negara tersebut. Dari sisi kekayaan Presiden Vladimir Putin dinilai lebih tajir dibanding Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Beberapa laporan menyebutkan Putin merupakan orang terkaya di dunia dan disebut kekayaannya melebihi miliarder dunia yakni Jeff Bezos dan Elon Musk.

DIkutip dari Daily Star, Sabtu (26/2/2022), Putin telah berkuasa di Rusia selama 17 tahun dan telah mengumpulkan kekayaan pribadi seperti rumah, armada kapal pesiar, mobil, dan bahkan istana presiden rahasia senilai miliaran pound.

Tak hanya itu saja, Putin dikabarkan memiliki toilet emas murni padahal gaji resmi sebagai presiden Rusia sangat sederhana sekitar £100.000 atau setara Rp 2 miliar per tahun.

Banyak teori yang menyebutkan kekayaan Putin berasal, salah satunya Putin dikabarkan pernah memenjarakan Mikhail Khodorkovsky, yang pernah diyakini sebagai orang terkaya di Rusia dengan kekayaan sekitar £11 miliar.

Khodorkovsky dijebloskan ke penjara oleh Putin pada tahun 2003 atas tuduhan penipuan dan penghindaran pajak. Khodorkovsky, yang selalu membantah tuduhan itu, menghasilkan uang melalui kepemilikan ladang minyak.

Dia dipenjara hanya beberapa bulan setelah mengkritik Putin pada sebuah pertemuan, menyatakan bahwa Rusia korup. Browder percaya bahwa Putin mungkin menggunakan penangkapan ini untuk membuat kesepakatan dengan semua oligarki kaya Rusia lainnya.

"Kesepakatannya adalah: 'Anda memberi saya 50 persen dari kekayaan Anda dan saya akan membiarkan Anda menyimpan 50 persen lainnya," kata Browder kepada Forbes.

"Jika tidak, dia akan mengambil 100 persen kekayaanmu dan menjebloskanmu ke penjara,” imbuh Browder.

Browder menggambarkan Putin kepada Komite Kehakiman Senat AS pada 2017 sebagai "salah satu orang terkaya di dunia".

Dia memperkirakan bahwa kekayaan Vladimir Putin yang telah terkumpul mencapai USD 200 miliar atau setara Rp 2.869 triliun dari keuntungan tidak sah yang berasal dari jenis operasi ini selama 17 tahun berkuasa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Volodymyr Zelensky, pelawak yang menjadi kandidat presiden Ukraina (AFP photo)
Perbesar
Volodymyr Zelensky, pelawak yang menjadi kandidat presiden Ukraina (AFP photo)

Jauh berbeda dengan kekayaan, milik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dikutip dari laman The Tale Mango, Sabtu (26/2/2022), perkiraan kekayaan bersihnya pada tahun 2022 adalah USD 705 juta atau setara Rp 10,1 triliun, sesuai dengan laporan keuangan terbaru yang diajukan olehnya.

Zelensky adalah pendiri perusahaan produksi Kvartal 95. Perusahaannya memproduksi film, kartun, dan acara TV seperti Servant of the People.

Tak hanya itu, kurang dari 4 tahun yang lalu, Volodymyr Zelensky adalah salah satu komedian TV paling populer di Ukraina, dan membintangi tayangan serial TV populer, Servant of the People, yang tayang pada 2015. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya