Sukses

Intip Harta Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina Pendiri Perusahaan Film dan Kartun

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, atau lebih dikenal sebagai Volodymyr Zelenskyy, saat ini tengah menjadi sorotan usai invasi Rusia ke Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, atau lebih dikenal sebagai Volodymyr Zelenskyy, saat ini tengah menjadi sorotan lantaran wilayah Donbas, Ukraina Timur di serang Presiden Rusia Vladimir Putin.

Disisi lain yang tak kalah menariknya adalah sebelum menjabat presiden, Volodymyr Zelensky pernah menjadi komedian dan tampil di acara TV Ukraina. Tak hanya itu saja, total kekayaannya juga menjadi perhatian publik.

Dikutip dari laman The Tale Mango, Sabtu (26/2/2022), perkiraan kekayaan bersihnya pada tahun 2022 adalah USD 705 juta atau setara Rp 10,1 triliun, sesuai dengan laporan keuangan terbaru yang diajukan olehnya.

Zelensky adalah pendiri perusahaan produksi Kvartal 95. Perusahaanya memproduksi film, kartun, dan acara TV seperti Servant of the People.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa muda

Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy lahir pada tahun 1978 di Kryvyi Rih dari orang tua Yahudi. Ayahnya adalah seorang profesor di Institut Ekonomi Kryvyi Rih dan ibunya adalah seorang insinyur.

Kakeknya bertugas di Tentara Merah ketika perang dunia kedua. Sebelum masuk ke sekolah dasar, Zelensky tinggal bersama ayahnya di kota Erdenet, Mongolia, selama empat tahun.

Dia menerima hibah pendidikan dari Israel ketika dia baru berusia 16 tahun, namun ayahnya tidak mengizinkannya pergi. Dia kemudian lulus dalam bidang Hukum dari Institut Ekonomi Kryvyi Rih.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Karir

Menginjak remaja, Zelensky bergabung dengan tim kompetisi komedi KVN lokal pada usia 17 tahun. Kemudian diundang untuk bergabung dengan tim Ukraina bersatu "Zaporizhia-Kryvyi Rih-Transit".

Dia memenangkan Liga Utama KVN dan mendirikan tim Kvartal 95 di tahun yang sama. Kvartal 95 mulai melakukan diversifikasi dengan memproduksi acara TV untuk saluran TV Ukraina 1+1 pada tahun 2003.

Selanjutnya, dia menciptakan partai politik pada tahun 2018. Dalam satu wawancara Zelensky mengatakan bahwa dia bergabung dengan politik untuk mengembalikan kepercayaan pada politisi dan mendukung orang-orang yang profesional dan layak untuk berkuasa.

Dia membuat pengumuman untuk ikut serta dalam pemilihan presiden Ukraina pada malam 31 Desember 2018 sebagai tokoh anti kemapanan dan anti korupsi. Dia menang dengan 73,2 persen suara di putaran kedua dan mengalahkan Poroshenko.

Pria berusia 44 tahun ini, memimpin kampanye presiden virtual yang sukses melawan Presiden petahana Ukraina, Petro Poroshenko. Dia memenangkan pemilihan putaran pertama pada Maret 2019 dan pemilihan putaran kedua pada bulan April. Dia berjanji selama kampanye bahwa dia akan menjabat hanya untuk satu masa jabatan jika dia terpilih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.