Sukses

Pemerintah Rogoh Kocek Rp 14,9 T untuk Beasiswa LPDP Sejak 2012

Beasiswa LPDP yang dialokasikan dari pengelolaan dana Abadi sejak tahun 2012 hingga tahun 2021 ini telah mencapai Rp 14,9 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan beasiswa LPDP yang dialokasikan dari pengelolaan dana Abadi sejak tahun 2012 hingga tahun 2021 ini telah mencapai Rp 14,9 triliun.

Hal itu disampaikan dalam webinar Beasiswa LPDP 2022, dengan tema “Berkontribusi bersama LPDP, Menyongsong Transformasi Diri dan Kemajuan Negeri,” Jumat (25/2/2022).

“Tahun lalu tahun 2021, kita telah juga melakukan kontrak pendanaan untuk 1.668 pendanaan di bidang penelitian atau riset dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun,” kata Menkeu.

Dana-dana ini dikelola di dalam rangka untuk terus memberikan peluang bagi kegiatan pendidikan, penelitian, kebudayaan dan dari perguruan perguruan tinggi di Indonesia untuk terus memperbaiki dirinya dan memperbaiki kualitas sumber daya manusia.

Adapun jumlah penerima beasiswa LPDP telah mencapai 29.872 orang yang berasal dari seluruh komponen dan daerah di Indonesia, background dan juga bidang yang dipelajari.

Sebanyak 61,9 persen alumni LPDP bekerja dalam hal ini di sektor publik seperti di bidang pendidikan seperti akademisi, peneliti atau bahkan menjadi PNS/TNI dan Polri maupun bagian dari ASN TNI-POLRI.

“Tentu kita berharap mereka akan menjadi ASN TNI POLRI dan para akademisi yang makin memiliki kualitas pemikiran untuk mengelola Negara Republik Indonesia membuat dan merumuskan kebijakan-kebijakan yang lain,  membuat ruang policy untuk menciptakan kemajuan bagi Indonesia,” ujar Sri Mulyani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alumni LPDP

Selanjutnya, sebanyak 35,8 persen dari alumni LPDP bekerja di sektor privat, dan 2,3 persen bekerja di bidang atau sektor sosial.

“Penerima beasiswa LPDP ini karena tadi jumlahnya 29.872 orang, nampaknya banyak namun sebetulnya ini adalah sedikit dari masyarakat Indonesia. Mereka hanya 0,01 persen dari penduduk Indonesia yang berpendidikan S2/S3, yang jelas ini adalah sebuah persentase yang sangat kecil,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.