Sukses

Rusia dan Ukraina Perang, Menko Airlangga Ingin Pemuda Jadi Lokomotif Perubahan

Menko Airlangga menilai panasnya geopolitik yang melibatkan Rusia-Ukraina dan Amerika Serikat akan memberikan sejumlah tantangan bagi dunia global kedepannya

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai panasnya geopolitik yang melibatkan Rusia-Ukraina dan Amerika Serikat akan memberikan sejumlah tantangan bagi dunia global kedepannya.

Ia berharap dalam mengatasi tantangan itu, pemuda bisa menjadi salah satu garda terdepan sebagai lokomotif perubahan. Sehingga nantinya, tantangan itu bisa diselesaikan dengan baik. Panasnya kondisi geopolitik ini menambah tantangan yang dihadapi saat ini seperti kesehatan, perubahan iklim, dan teknologi.

“Tentunya muncul tantangan baru terkait panasnya geopolitik di Ukraina akibat keterlibatan baik rusia maupun Amerika. Tentu ini akan menghadirkan dunia dengan berbagai tantangan dihadapan kita,” kata Menko Airlangga dalam West Java Urban 20 Talks: Kota, Desa dan Pemuda di Era Digital, Kamis (24/2/2022).

Ia menginginkan pemuda sebagai lokomotif perubahan bisa membawa hal yang lebih baik kedepannya. Tujuannya, agar dunia dapat mengoptimalisasi transformasi ekonomi berbasis digital.

“Arahan Presiden kepada kita untuk mengarahkan fokus ke sektor digital sangatlah tepat dan topik ini merupakan cross-cutting issues di tingkat working group maupun engagement group,” katanya.

Setidaknya ada enam working group dan tujuh engagement group yang secara mendalam membahas mengenai digitalisasi ini. Menko Airlangga optimistis melalui dukungan ini bisa memberikan hasil yang nyata terhadap program di sektor digitalisasi.

“Digitalisais menawarkan cara baru dalam bekerja menciptakan dampak bagi masyarakat baik di desa maupun di kota melalui tantangan dan dampak positif dari digitalisasi tentunya mendorong pekerjaan ayng inklusif termasuk bagi pekerja informal dan memperluas jangkauan pelatihan melalui retraining dan reskilling,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Kesejahteraan

Kemudian itu diyakini dapat mendorong kesetaraan terhadap sumber-sumber ekonomi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tidak ada pilihan lain bagi kita untuk menerima dan beradaptasi terhadap perubahan dan transformasi digital yang terjadi baik di desa maupun di kota,” katanya.

Menko Airlangga juga menyebut ekonomi indonesia dan dunia akan diwarnai oleh inovasi di sektor ekonomi digital. Ia berharap dengan banjirnya sistem tersebut akan mendorong pula ekonomi nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.