Sukses

Menteri Teten: Potensi Laut selama Ini Tidur, Harus Kita Bangunkan

Dibangunkan yang dimaksud Menteri Teten adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor kelautan yang berkualitas dan unggul.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melirik ada potensi pendapatan besar dari sektor kelautan dan perikanan. Dengan meningkatkan produktivitas di sektor kelautan dan perikanan akan mampu mengikis kemiskinan ekstrem di wilayah pesisir.

Selama ini belum ada pemanfaatan maksimal di sektor sektor kelautan dan perikanan padahal potensi yang ada besar. Oleh sebab itu perlu ada upaya mendorong potensi yang ada untuk memakmurkan masyarakat.

“Potensi laut yang selama ini masih tertidur harus segera kita bangunkan menuju Indonesia Maju 2045, peningkatan produktivitas sektor kelautan harus diarahkan untuk menghapus kemiskinan ekstrim di wilayah pesisir,” kata Teten Masduki dalam pembukaan Rakernas III Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo), Kamis (24/2/2022).

Peningkatan yang dimaksud Teten yakni menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor kelautan yang berkualitas dan unggul. Kemudian, penciptaan lapangan kerja bagi berbagai lapisan masyarakat guna meningkatkan kemakmuran masyarakat.

“Semua itu hanya bisa terwujud jika ada kolaborasi kemitraan baik pemerintah akademisi dunia usaha UMKM dan besar, masyarakta dan kerja sama antar negara jadi pandu perjuangan ISKINDO,” terangnya.

Sebagai organisasi sarjana kelautan, Menteri Teten meminta ISKINDO untuk memasukkan isu strategis. Seperti tantangan-tantangan umum kedepannya dan perubahan perilaku yang akan terjadi nantinya.

“Dengan perubahan yang serba cepat dan penuh ketidakpastian baik Covid maupun ancaman yang mungkin lebih besar kedepannya seperti perubahan iklim maka diskursus ekonomi biru perlu jadi isu strategis yang dibahas dan diturunkan dalam program dan kegiatan ISKINDO,” katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korporatisasi Nelayan

Lebih lanjut, kata dia, di Kementerian Koperasi dan UKM tengah fokus dalam melakukan korporatisasi nelayan dengan konsep koperasi. Ia berharap ini pula bisa disinergikan dengan ISKINDO.

“Saat ini Kemenkop UKM tengah mengedepankan korporatisasi nelayan berbasis koperasi. Sinergi dengan ISKINDO tentu diharapkan dapat memperkaya keragaman model bisnis dan pemanfaatan inovasi teknologi lebih maju kepada koperasi-koperasi perikanan dan kelautan di indonesia,” katanya.

“Kita harus menemukan cara terbaik mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan kedepannya,” imbuh Teten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.