Sukses

Harga Minyak Mendidih Setelah Nyaris Tembus USD 100 per Barel

Harga Minyak naik saat Ukraina mengeluarkan keadaan darurat, menderita serangan dunia maya

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik di tengah laporan bahwa pemerintah Ukraina, kementerian luar negeri dan layanan keamanan negara tersebut dipengaruhi oleh serangan siber.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (24/2/2022), harga minyak mentah Brent naik USD 1,48, atau 1,5 persen menjadi USD 98,32 per barel, setelah mencapai USD 99,50 pada hari Selasa, tertinggi sejak September 2014.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 19 sen menjadi USD 92,10 per barel.

Indeks saham AS tergelincir pada hari Rabu setelah menyerahkan semua kenaikan pembukaan karena laporan serangan siber di beberapa situs web negara Ukraina menambah kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan dengan Rusia.

Ukraina mengumumkan keadaan darurat pada hari Rabu dan menyuruh warganya di Rusia untuk melarikan diri, sementara Moskow mulai mengevakuasi kedutaannya di Kyiv dalam tanda-tanda terbaru yang tidak menyenangkan bagi Ukraina yang takut akan serangan militer Rusia habis-habisan.

Harga minyak juga naik pada hari Selasa di tengah kekhawatiran bahwa sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat terhadap Rusia, setelah mengirim pasukan ke dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur, dapat mempengaruhi pasokan energi.

Sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Australia, Kanada, dan Jepang difokuskan pada bank dan elit Rusia, sementara Jerman menghentikan sertifikasi pipa gas dari Rusia.

Tetapi Amerika Serikat memperjelas bahwa sanksi yang disetujui dan sanksi yang mungkin dikenakan tidak akan menargetkan aliran minyak dan gas.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sanksi bagi Rusia

Namun, analis memperkirakan harga minyak akan terus melihat dukungan dari krisis Rusia-Ukraina, dengan beberapa negara Barat berjanji untuk menjatuhkan sanksi lebih jika Rusia melancarkan invasi penuh.

"Prospek lebih banyak konflik di Ukraina harus melindungi premi risiko geopolitik," kata Stephen Brennock dari broker PVM Oil.

"Ada risiko bahwa Rusia akan membalas sanksi dengan mengurangi pengiriman atas kemauannya sendiri," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

Potensi kembalinya lebih banyak minyak mentah Iran ke pasar membebani harga, karena Teheran dan kekuatan dunia semakin dekat untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir.

"Pembicaraan nuklir di Wina mencapai titik sensitif dan penting," kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian.

Namun analis mengatakan ada sedikit kemungkinan minyak mentah Iran kembali ke pasar dalam waktu dekat untuk mengurangi ketatnya pasokan saat ini.

“Jika kesepakatan AS-Iran tercapai, itu akan mengurangi beberapa tekanan tetapi tidak cukup untuk menghentikan harga minyak yang beringsut menuju tiga digit,” kata Pratibha Thaker dari Economist Intelligence Unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.