Sukses

Realisasi Subsidi Energi Tembus Rp 10,2 Triliun, Melonjak 347 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Indrawati mengatakan, belanja APBN pada Januari 2022 telah memakan porsi besar.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Indrawati mengatakan, belanja APBN pada Januari 2022 telah memakan porsi besar. Salah satunya untuk belanja di sektor energi, seperti pada bahan bakar minyak (BBM) hingga LPG 3 kg.

Realisasi subsidi energi mencapai Rp 10,2 triliun hingga 31 Januari 2022. Angka tersebut meroket 347,2 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang hanya Rp 2,3 triliun.

"Terutama untuk subsidi BBM dan gas LPG 3 kg, yang kita bayarkan ke unit usahanya Rp 10,2 triliun. Ini bahkan membayar subsidi yang melonjak semenjak 2020," terang Sri Mulyani, dikutip Rabu (23/2/2022).

Lonjakan realisasi subsidi ini disebabkan karena adanya kenaikan harga energi yang terjadi akhir-akhir ini. Mengatasi hal tersebut, Sri Mulyani lantas mengoptimalkan penggunaan APBN untuk kebutuhan masyarakat.

"Dalam hal ini APBN memang menjadi gardan atau sarana untuk melindungi masyarakat. Ini juga menjadi beban yang nyata oleh APBN," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Subsidi Pupuk

Berkebalikan dengan energi, realisasi belanja subsidi untuk sektor non-energi masih lebih terkendali. Contohnya, subsidi pupuk sebesar 0,7 ton yang secara angka masih sama dengan tahun lalu.

Kemudian subsidi kredit usaha rakyat (KUR) mengalami sedikit peningkatan, sebesar Rp 0,35 triliun menjadi Rp 0,58 triliun hingga 31 Januari.

"Karena volume KUR meningkat maka belanja untuk subsidi bunga KUR. Jadi bisa dilihat dengan mata, anggaran ini dinikmati oleh masyarakat, yaitu dalam bentuk stabilitas harga BBM, LPG, subsidi pupuk, serta kredit usaha rakyat," tutur Sri Mulyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.