Sukses

BUMN Gencar Hilirisasi, Erick Thohir Yakin Buka Peluang Investasi

Pemerintah tengah gencar mendorong hilirisasi sumber daya alam di Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut langkah itu bisa membuka peluang investasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah gencar mendorong hilirisasi sumber daya alam di Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut langkah itu bisa membuka peluang investasi.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya hilirisasi. Misalnya, pengolahan batu bara menjadi barang jadi dan barang setengah jadi dapat memberikan tambahan pendapatan.

Sebelumnya, sumber daya alam di indonesia kerap diekspor dalam kondisi bahan mentah. Hal ini jadi upaya pemerintah, salah satunya perusahaan pelat merah yang turut ambil bagian.

"Hilirisasi sumber daya alam sangat penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih mandiri karena mengurangi ketergantungan terhadap produk impor," katanya melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir, ditulis Rabu (23/2/2022).

"Dengan hilirisasi kita tidak perlu lagi mengekspor bahan baku mentah, melainkan barang setengah jadi atau jadi," imbuh Erick.

Ia menyebut ada peran dari perusahaan pelat merah dalam hilirisasi ini. Misalnya, lewat perusahaan patungan pabrik baterai listrik dan gasifikasi batu bara.

"Bersama Holding BUMN Industri Pertambangan, kami melakukan inisiatif hilirisasi antara lain pembangunan smelter, pembentukan Indonesia Battery Corporation (IBC), dan gasifikasi batubara menjadi Dimethyl Ether (DME)," tulis Erick.

Adanya pengolahan bahan mentah, akan meningkatkan nilai produk pasca pengolahan. Dengan begitu, keuntungan yang didapat oleh Indonesia juga meningkat. Di sisi lain ini juga membawa efek yang berkelanjutan dan berkaitan.

"Selain akan menciptakan nilai tambah produk, multiplier effect-nya akan menciptakan berbagai peluang usaha lainnya. Mendatangkan investasi, menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, sehingga akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakat," ungkap Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran BUMN

Pada secuplik video yang diunggahnya tentang hiliridasi, Menteri Erick menyampaikan sejumlah contoh hilirisasi.

Pengolahan bahan mentah dilakukan oleh dua perusahaan pelat merah. Artinya, BUMN mengambil peran dalam inisiasi hilirisasi bahan mentah.

"Banyak sekali yang sekarang kita dorong, bagaimana PT Freeport bangun smelter, PT Timah akan bangun smelter juga," katanya.

"Kita juga memulai hilirisasi batu bara sebagai bahan pengganti LPG, Alumunium kita itu bisa diproses ke alumina, jadi turunan pohonnya keliatan ini yang kita tadi, kita dorong supaya kita lebih competitiveness," imbuh Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.