Sukses

Harga Emas Sentuh Level Tertinggi 9 Bulan

Harga emas mencapai level tertinggi dalam hampir sembilan bulan pada hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta Harga emas mencapai level tertinggi dalam hampir sembilan bulan pada hari Selasa sebelum akhirnya turun karena investor menunggu perkembangan lebih lanjut dalam krisis Ukraina memposisikan ulang di dekat level penting USD 1.900 per ounce.

Dikutip dari CNBC, Rabu (23/2/2022), harga emas di pasar spot 0,2 persen pada USD 1,902,71 per ounce pada 14:06 ET (1906 GMT), setelah mencapai level tertinggi sejak 1 Juni di USD 1,913,89. Emas berjangka AS menetap 0,4 persen lebih tinggi pada USD 1.907,40.

Indeks utama Wall Street dibuka lebih rendah di tengah meningkatnya ketegangan Rusia-Ukraina. Sementara saham energi melonjak karena harga minyak ditutup di level USD 100 per barel.

AS dan sekutu Eropanya akan mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia setelah Presiden Vladimir Putin mengakui dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur dan memerintahkan pengerahan pasukan di sana.

“Tidak mengherankan melihat emas didukung dengan baik di lingkungan ini mengingat permainan safe-haven tradisionalnya,” kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekanan Inflasi

Namun, tekanan inflasi telah menjadi pendorong utama kinerja emas selama beberapa minggu terakhir dalam tren sideways ke tren yang lebih tinggi dan kenaikan suku bunga mungkin tidak menutupi tren ini, kata Meger.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan risiko politik. Tetapi kenaikan suku bunga, terutama oleh Federal Reserve, cenderung meredupkan daya tarik emas, yang tidak membayar bunga.

Analis mengaitkan sedikit kemunduran emas dengan beberapa aksi ambil untung. Analis Saxo Bank, Ole Hansen mengatakan ini "karena jelas pada titik ini ada peningkatan risiko premium yang dimasukkan ke dalam harga emas"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.