Sukses

Rusia-Ukraina Memanas, Nasib Proyek Kilang Tuban Dipastikan Aman

Kementerian ESDM menyatakan ketegangan geopolitik Rusia tidak mempengaruhi kerja sama Indonesia dengan Rusia dalam membangun kilang baru di Tuban, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina tidak mempengaruhi kerja sama Indonesia dengan Rusia dalam membangun kilang baru di Tuban, Jawa Timur.

"Kami belum melihat pengaruh ini terhadap proyek Rosneft di Tuban," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dikutip dari Antara, Selasa (22/2/2022).

Kilang Tuban merupakan proyek kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan perusahaan Rusia bernama Rosneft. Kilang ini dibangun dengan kapasitas pengolahan sebesar 300 ribu barel per hari yang akan menghasilkan 30 juta liter bahan bakar minyak per hari untuk jenis gasoline dan diesel.

Selain itu, kilang ini juga akan menghasilkan empat juta liter avtur per hari serta produksi petrokimia sebesar 4,25 juta ton per tahun.

Tutuka menilai komitmen Rosneft terhadap proyek Kilang Tuban cukup baik. Ia mengakui bahwa tahapan untuk pembangunan kilang tersebut terbilang panjang dan sekarang masih dalam tahap studi dan pembebasan lahan sesuai dengan target yang ditetapkan.

"Progresnya saya rasa cukup baik, sesuai dengan target dan ini dilihat baik oleh Rusia bahwa kita mengerjakan ini dengan kerja sama yang baik," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proyek Kilang Tuban

Proyek Kilang Tuban merupakan proyek strategis karena pembangunan kilang minyak akan terintegrasi dengan petrokimia. Pembangunan kilang bertujuan mewujudkan ketahanan energi nasional, memenuhi kebutuhan dalam negeri serta mengurangi impor.

Dalam rangka mendukung terlaksananya proyek Kilang Tuban, pemerintah Indonesia memberikan penugasan kepada Pertamina melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 807 Tahun 2016 tentang penugasan kepada Pertamina dalam pembangunan dan pengoperasian kilang minyak di Tuban, Jawa Timur.

Baca juga: Pertamina Rosneft lanjutkan persiapan pembangunan kilang baru di Tuban Selain itu, pemerintah juga telah memberikan alokasi gas domestik dan fasilitasi untuk memberi kemudahan perizinan.

Hingga akhir Desember 2021, kemajuan proyek Kilang Tuban telah mencapai 62,77 persen dalam tahapan penyusunan desain. Pertamina mengklaim angka ini telah melampaui target awal sebesar 56,45 persen.

Penyusunan desain teknis merupakan fase yang krusial dalam pembangunan kilang, karena dari tahapan ini akan didapatkan desain dan spesifikasi kilang secara lengkap sebagai dasar untuk melanjutkan proyek tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.