Transformasi BUMN ala Erick Thohir Jadi Kunci Bank Himbara Makin Cuan di 2021

Oleh Liputan6.com pada 22 Feb 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Feb 2022, 15:00 WIB
Nilai Valuasi Capai Rp44,8 Triliun, BRI jadi Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia
Perbesar
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang 2021, kinerja BUMN mulai bangkit, seperti salah satunya bank BUMN atau Himbara. Pada 2021, secara konsolidasi, BRI, Mandiri, BNI, dan BTN mencatatkan labanya melesat 78,06 persen dari perolehan laba 2020 sebesar Rp 40,34 triliun.

Koordinator Penggerak Milenial Indonesia Bidang UMKM dan Bisnis, Syahrul Ramadhan mengapresiasi kinerja Menteri BUMN Erick Thohir yang sukses membuat Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) meraup laba Rp 72,05 triliun pada akhir Desember 2021.

Menurut Syahrul, pencapaian tersebut tidak lepas dari peranan Erick Thohir dalam memimpin perusahaan plat merah tersebut. Hal tersebut, kata Syahrul merupakan buah dari hasil transformasi dan efisiensi yang saat ini tengah dilakukan oleh Kementerian BUMN beserta seluruh perusahaan BUMN.

“Upaya pak Erick dalam mentransformasikan BUMN agar lebih efisien membuahkan hasil. Kerja keras beliau patut kita apresiasi,” ujarnya kepada awak media, pada Senin (21/2/2022).

Lebih lanjut Syahrul menyebut, kehadiran Bank Himbara telah turut memberikan solusi menyeluruh dari permasalahan yang terkait dengan modal usaha, termasuk UMKM.

Ke empat bank Himbara tersebut, kata Syahrul memiliki fokus yang berbeda-beda dengan tetap memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi, mulai dari modal UMKM, solusi perumahan hingga korporasi.

“Kami melihat keempat Bank Himbara memiliki fokus masing-masing, dan mungkin itulah salah satu yang membuat Bank Himbara bisa meraup laba 72,05 T,” imbuhnya.

 


Jangka Panjang

Gedung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. (Dok BNI)
Perbesar
Gedung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. (Dok BNI)

Menurut catatan Syahrul, BUMN sendiri memiliki sejumlah program utama transformasi yang bersifat jangka panjang. Hal tersebut bertujuan agar BUMN bisa sustainable mengkontribusikan nilai ekonomi dan nilai sosial untuk seluruh stakeholders. Di sisi lain, fungsi ekonomi BUMN dapat menghasilkan laba dan menghasilkan capitalization yang besar.

Selain itu, masih kata Syahrul, Erick Thohir juga selalu meminta Himbara untuk selalu berkoordinasi memperbaiki sitem dan layanan guna mendukung satu data pemerintah. Hal tersebut membuat Himbara makin kuat dan terus menguat.

“Pak Erick sangat cepat dalam merapihkan BUMN. Kepemimpinan beliau dalam memimpin perusahaan plat merah patut diacungi jempol,” terangnya.

Syahrul menambahkan, Himbara memiliki peranan penting dalam penyaluran berbagai bantuan yang di pemerintah. Mulai dari UMKM, subsidi gaji pekerja, hingga bantuan upah untuk pendidik non PNS.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya