Sukses

Harga Emas Tertekan Rencana Pertemuan Biden dan Putin

Pembeli utama di Asia menunda memborong emas fisik pekan lalu karena reli harga di tengah meningkatnya ketegangan Rusia-Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas tertekan dan turun dari level tertinggi dalam lebih dari 8 bulan pada perdagangan Senin. Penurunan harga emas ini disebabkan karena permintaan instrumen investasi safe haven mereda setelah Presiden AS Joe Biden setuju untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas masalah Ukraina.

Mengutip CNBC, Selasa (22/2/2022), harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD 1.893,80 per ounce pada pukul 01.39 GMT. Harga tersebut turun dari level yang dicetak di awal sesi USD 1.908,02 per ounce, harga tertinggi sejak 3 Juni.

Sedangkan harga emas berjangka AS stabil di USD 1.898,60 per ounce.

Joe Biden pada prinsipnya telah setuju bertemu dengan Vladimir Putin. Pertemuan ini akan membahas mengenai krisis Ukraina. Persetujuan tersebut akan terjadi setelah menteri luar negeri kedua negara bertemu minggu depan dan jika invasi tidak terjadi.

Rusia sendiri akan memperpanjang latihan militer di Belarus yang berakhir pada hari Minggu. Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan, ketegangan bertambah ketika gambar satelit muncul untuk menunjukkan penempatan baru pasukan Rusia di dekat Ukraina.

Potensi invasi Ukraina oleh Rusia akan dirasakan di sejumlah pasar komoditas mulai dari gandum, energi hingga ke instrumen lain seperti obligasi dan mata uang. Para pelaku pasar pun mulai memborong aset-aset safe haven.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan di Asia

Di tempat lain, aktivitas manufaktur Jepang berkembang pada laju paling lambat dalam lima bulan di bulan Februari karena produksi berkontraksi.

Pembeli utama di Asia menunda memborong emas fisik pekan lalu karena reli harga di tengah meningkatnya ketegangan Rusia-Ukraina. Hal ini mendorong dealer India untuk menawarkan diskon tertinggi dalam hampir tujuh bulan.

Di luar itu, harga perak turun 0,7 persen menjadi USD 23,79 per ounce, harga platinum naik 0,3 persen menjadi USD 1.070,29 per ounce dan harga paladium mendatar di USD 2.346,80 per ounce.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.