Menko Airlangga: Suara Pemuda Adalah Masa Depan

Oleh Arief Rahman Hakim pada 19 Feb 2022, 21:03 WIB
Diperbarui 19 Feb 2022, 21:07 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Power Lunch CNBC Indonesia bertema “Mau Dibawa Ke Mana G20 di Era Presidensi Indonesia?” secara virtual, di Jakarta Jumat (19/11/2021). (Dok Kemenko Perekonomian)
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Power Lunch CNBC Indonesia bertema “Mau Dibawa Ke Mana G20 di Era Presidensi Indonesia?” secara virtual, di Jakarta Jumat (19/11/2021). (Dok Kemenko Perekonomian)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional dan dunia.

Peran penting yang ia maksud adalah pemuda yang memiliki pandangan terhadap kemajuan bangsa. Melalui berbagai kemampuan advokasi dan antisipasi jangka panjang.

"Suara pemuda adalah suara masa depan dan suara pemud sangat penting dengan kemampuan advokasi anak muda bisa melakukan antisipasi berbagai masalah jangka panjang," katanya dalam Kick Off Youth 20, Sabtu (19/2/2022).

Menko Airlangga menyebut dunia global saat ini dihantui berbagai tantangan. Misalnya, arsitektur kesehatan global yang perlu pemerataan, lalu, transformasi digital yang perlu didorong, serta bayangan perubahan iklim.

Ia memandang positif peran anak muda sebagai pemimpin masa depan akan membawa perubahan yang positif. Misalnya, anak muda mampi melewati rintanfan digitalisasi yang terus berlanjut.

"Saya yakin anak muda tak cuma internet tapi juga partisipasi dalam inovasi multi internet. Persoalan untuk melakukam persiapam terhadap industri yang akan datang, merupakan persoalan penting," katanya.

"Sehingga kita harus alokasikan sumber saya yang akan datang dengan tranformasi struktural, seperti retraining dan reskilling yang pemting supaya mereka bisa menyesuaikan dengan keadaan," terangnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perkuat Ekonomi

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers PPKM, Senin (3/1/2022).
Perbesar
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers PPKM, Senin (3/1/2022).

Informasi, sebagai side event G20, Youth 20 atau forum pemuda dari negara anggita G20 ini diharapkan mampu memperkuat sosial ekonomi negara di dunia. Menko Airlangga optimistis, di tangan anak muda, perubahan positif akan terjadi.

"Saya apresiasi prioritas yang dimasukkan ke forum ini, misalnya tentang ketenagakerjaan kaum muda," kayanya.

"Saya harap Y20 bisa merefleksikan solidaritas muda untuk dukung G20 dan hasilnya teladan bagi anak muda di seluruh dunia. Untuk negara berkembang, saya harap Y20 dapat disetujui anak muda seluruh dunia untuk satukan keberagaman untuk inklusif dengan melibatkan komunitas rentan dan kerja keras pengembangan mereka," imbuh dia.

Ia berharap, suara anak muda dibawah kepemimpinan presidensi G20 Indonesia bisa mewakili suara anak muda di seluruh dunia dan membawa perubahan lebih baik.

Pemulihan Tak Merata

Pada kesempatan yang sama Menko Airlangga menyebut oemulihan global belum merata. Artinya, daei banyaknya negara terhantam Covid-19, banyak yang masih kesulitan untuk bangkit.

Melalui tema Recover Together, Recover Stronger, ia ingin semua negara bersama-sama pulih. Dengan begitu, peran anak muda juga dipandang memiliki peluang dalam pembangunan dunia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya