Sukses

Kartu Prakerja Gelar Kompetisi Film Pendek, Pemenang Dapat Modal Rp 30 Juta

Kartu Prakerja menggelar kompetisi film pendek sebagai salah satu upayanya sosialisasi manfaat Program Kartu Prakerja.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menggelar Kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja.

Kompetisi film pendek ini digelar sebagai salah satu upaya mensosialisasikan keberhasilan dan manfaat Program Kartu Prakerja.

Bagi para calon peserta yang berminat mengikuti, Kompetisi Film Pendek ini mensyaratkan untuk mengirimkan ide cerita dalam bentuk sinopsis bertema: "Kartu Prakerja, Dari Tidak Tahu menjadi Tahu, Dari Tidak Bisa menjadi Bisa".

Ide cerita tersebut dapat dikirim melalui laman bit.ly/kompetisifilmprakerja dengan tenggat waktu pada 27 Februari 2022.

Nantinya, penyelenggara akan memilih 10 peserta dengan ide cerita terbaik. Mereka kemudian dapat mengikuti workshop pembuatan film di Jakarta bersama sineas-sineas Undonesia, dan mendapatkan pendanaan untuk produksi film masing-masing senilai Rp 30 juta.

Sedangkan hasil seleksi 20 besar ide cerita terbaik akan diumumkan pada awal Maret 2022.

"Kompetisi film pendek ini bermaksud untuk merangsang komunitas film di berbagai kota, serta insan muda kreatif di tanah air untuk menarasikan secara visual imajinasi mereka tentang Kartu Prakerja," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, dikutip dari laman Prakerja.go.id, Jumat (18/2/2022).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kartu Prakerja Fasilitasi Pelatihan dalam Kompetisi Film Pendek

Denni menjelaskan, komunikasi lewat visual seringkali lebih efektif. Lewat film, beragam kisah dari 11,4 juta peserta di seluruh wilayah tanah air dapat dijadikan inspirasi cerita, untuk menginspirasi lainnya.

Selain itu, proses pembuatan film itu sendiri, sejalan dengan semangat Prakerja yang mendorong agar orang kreatif dan mampu berkolaborasi—selain ada workshop atau pelatihan plus pendampingan, yang merupakan inti dari Program Kartu Prakerja.

"Kami ingin menghadirkan video Program Kartu Prakerja dengan narasi, kreasi dan angle yang inovatif dan menarik. Sineas-sineas muda ayo ikut mendaftar," ujar Denni.

Naskah ide yang dikumpulkan para peserta akan diseleksi oleh tiga sineas muda Indonesia yakni Riza Pahlevi, Rein Maychaelson dan Adhyatmika.

"Kriteria penilaian dari ide cerita tentang Kartu Prakerja ini antara lain dari sisi 'Posibilitas' (kemungkinan dari segi teknis dan man power), ‘Kreativitas’ (keunikan, originalitas, storytelling), serta Relatability (sesuai tema atau tidak)," kata Adhyatmika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.