Sukses

Masalah Kredit Macet Bisa Dituntut ke Pengadilan?

Kredit, utang dan pinjaman harus dapat dikembalikan dengan tepat waktu, terkecuali dalam proses utang dan pinjaman ada kesepakatan lain.

Liputan6.com, Jakarta Chairman Law Firm Lucas SH & Partners, Lucas menilai kredit macet bisa dipidana dan dituntut ke pengadilan. Dia menuturkan, utang dan pinjaman harus dapat dikembalikan dengan tepat waktu, terkecuali dalam proses utang dan pinjaman ada kesepakatan lain.

"Utang harus dilunasi, pinjaman harus segera dikembalikan dengan tepat waktu, kecuali ada kesepakatan lain. Jangan sampai ada kesan utang tidak perlu dibayar karena debitur tidak dapat dipidanakan," katanya dikutip dari Antara, Kamis (18/2/2022).

"Dalam keadaan tertentu apabila pinjaman diberikan atas dasar adanya unsur penipuan (rangkaian kata-kata bohong) dan/atau adanya pemalsuan dan/atau penyimpangan, debitur tersebut dapat dilaporkan pidana," lanjutnya..

Ia mencontohkan permohonan pinjaman untuk kepentingan A, ternyata faktanya malah untuk kepentingan B. Selanjutnya. laporan keuangan yang diberikan adalah laporan keuangan palsu dan pembayaran utang menggunakan cek kosong.

Apabila pinjaman tersebut didasarkan dengan dokumen yang tidak benar dan debitur tersebut tidak dapat bayar utang, menurut dia, masalah ini masuk ke ranah pidana.

"Namun, apabila pinjaman tersebut atas dasar dokumen-dokumen yang benar dan debitur tersebut tidak dapat membayar utang karena murni masalah ekonomi, masalah ini masuk ke dalam ranah perdata," kata Lucas.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awas, Potensi Lonjakan Kredit Macet Menghantui Industri Fintech

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK, Riswinandi mengingatkan jasa pinjaman online atau fintech mengenai potensi risiko akibat krisis akibat pandemi Covid-19 saat ini pada berbagai segmen ekonomi.

Salah satu risiko utama yang harus dihadapi dan ditangani dengan benar terkait dengan risiko kredit.

"Pada kasus ini, eksposur risiko kredit berpotensi meningkat sehubungan dengan memburuknya kemampuan debitur untuk memenuhi kewajiban pembayaran kreditnya," ujar Riswandi dalam diskusi virtual, Jakarta, Senin (9/3).

Salah satu tanda peringatan dari meningkatnya eksposur risiko kredit adalah tingkat penurunan pembayaran kredit dalam waktu 90 hari, dari 96,35 persen pada Desember 2019 menjadi 95,22 persen pada Desember 2020.

"Oleh karena itu, kami ingin mendorong pelaku industri untuk mengantisipasi risiko tersebut dengan menerapkan strategi mitigasi risiko yang komprehensif," jelas Riswinandi.

Salah satu opsi yang layak untuk memitigasi risiko kredit, kata Riswinandi, yaitu pemanfaatan asuransi dan penjaminan mekanisme untuk melindungi pemberi pinjaman dari kemungkinan default kredit.

"Kami yakin bahwa pemain industri yang inisiatif untuk memitigasi risiko kredit dengan baik, akan dapat menjadi sebuah nilai tambah penting bagi pemberi pinjaman untuk berinvestasi di platform fintech lending," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.