Sukses

Sambut Delegasi G20, Bandara Soetta Pamer Karya Seni dari 34 Provinsi

Bandara Soekarno-Hatta menyambut kedatangan delegasi G20 dari berbagai negara dan berbagai lembaga finansial serta lembaga global.

Liputan6.com, Jakarta Bandara Soekarno-Hatta menyambut kedatangan delegasi G20 dari berbagai negara dan berbagai lembaga finansial serta lembaga global untuk menghadiri dua pertemuan di Jakarta dalam Presidensi Indonesia di G20 Tahun 2022.

Dua pertemuan dalam Presidensi G20 tersebut adalah pertemuan Finance and Central Bank Deputies (FCBD) pada 15 - 16 Februari 2022 dan pertemuan Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) pada 17 - 18 Februari 2022.

Adapun Kementerian Keuangan menginformasikan total delegasi dari berbagai negara yang hadir secara fisik di kedua pertemuan tersebut sebanyak 169 delegasi, sementara 216 delegasi mengikuti pertemuan secara daring. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan delegasi G20 sudah mulai tiba di Bandara Soekarno-Hatta sejak 13 Februari 2022. 

“Ketibaan delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta pada 13-16 Februari 2022 dari berbagai negara. Proses kedatangan berlangsung lancar berkat kolaborasi dan dukungan berbagai pihak," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

“AP II dan seluruh stakeholder ingin memastikan para delegasi G20 merasakan penyambutan yang baik, penuh dengan kenyamanan dan kehangatan mulai dari Bandara Soekarno-Hatta. Sejalan dengan ini Bandara Soekarno-Hatta menugaskan personel khusus untuk menyambut kedatangan delegasi, mendirikan hospitality lounge dengan dukungan dari Bank Indonesia, serta menyediakan area khusus untuk menampilkan dan memperkenalkan kerajinan serta budaya Indonesia di jalur kedatangan para delegasi G20 di Terminal 3,” jelas Agus Haryadi. 

Hospiltality lounge yang didirikan ini juga untuk mendukung penerapan travel bubble bagi para delegasi G20. Ketika para delegasi turun dari pesawat akan langsung untuk menuju hospitality lounge guna memproses pemeriksaan berbagai dokumen seperti misalnya dokumen imigrasi dan Bea Cukai, lalu pengambilan sampel PCR, kemudian menuju hotel. 

“Di hospitality lounge, para delegasi juga mengisi formulir digital di aplikasi HORE (Health Protocol Readiness) yang disiapkan AP II. Sistem HORE juga terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, sehingga delegasi diharapkan dapat merasakan pelayanan terintegrasi dengan memastikan protokol kesehatan dan kemudahan layanan di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Agus Haryadi. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seni dan Budaya dari 34 Provinsi

Dalam rangka menyambut kedatangan delegasi G20, Bandara Soekarno-Hatta juga berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia (FORKAPPSI) untuk menampilkan dan memperkenalkan kepada para delegasi G20 berbagai kerajinan serta budaya dari 34 provinsi di Indonesia. 

“Kami berterima kasih atas dukungan FORKAPPSI yang mendukung Bandara Soekarno-Hatta dalam memperkenalkan berbagai kerajinan dan budaya dari 34 provinsi kepada para delegasi G20. Area untuk menampilkan seni dan budaya ini berada di jalur kedatangan para delegasi G20. Para delegasi juga terlihat sangat tertarik melihat kerajinan-kerajinan asal 34 provinsi ini,” jelas Agus Haryadi.

Kerajinan dan budaya Indonesia yang dipertunjukkan kepada para delegasi G20 di Terminal 3 antara lain berbagai kain dari daerah-daerah di Indonesia serta berbagai kerajinan tangan asli Indonesia seperti anyaman bambu, ukiran kayu dan sebagainya. 

Adapun pada November 2022, direncanakan juga akan ada pertunjukan seni budaya di area kedatangan internasional Terminal 3 untuk khusus menyambut para delegasi G20. 

“Melalui kolaborasi dengan FORKAPPSI, Bandara Soekarno-Hatta menjalankan perannya sebagai etalase seni dan budaya Indonesia dalam menyambut para delegasi G20. Kami juga berupaya untuk selalu menjaga standar layanan kepada para seluruh pengunjung bandara dan penumpang pesawat, termasuk kepada seluruh delegasi G20,” ujar Agus Haryadi. 

Sementara itu, bandara AP II lainnya yang juga akan menyambut kedatangan delegasi G20 adalah Bandara HAS Hanandjoeddin di Belitung. 

Belitung sendiri direncanakan menjadi salah satu lokasi pertemuan delegasi G20 pada 7 - 9 September 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.