Sukses

Kemenhub Gelontorkan Rp 21 Miliar Biar MotoGP Mandalika Berjalan Lancar

Kementerian Perhubungan menggelontorkan Rp 21,2 Miliar sebagai dukungan gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelontorkan Rp 21,2 Miliar sebagai dukungan gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Persiapan mulai dari penyediaan bus gratis hingga kelengkapan jalan menuju Mandalika.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memaparkan persiapan gelaran ini sudah dipersiapkan sejak 2020 hingga 2022 sebelum digelarnya event akbar tersebut. Ia juga menyebut sejumlah hal yang belum diselesaikan akan segera selesai sebelum gelaran MotoGP Mandalika.

Ditjen Hubdat menyediakan setidaknya 188 bus dengan ukuran medium. Diantaranya 81 unit bus dari Kemenhub dan tambahan 4 unit bus VIP yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Lalu, 103 unit bus dari ITDC Mandalika.

“Dalam operasionalnya bus tersebut akan mengangkut para penontonnya ke lokasi sirkuit Mandalika itu gratis,” katanya dalam Konferensi Pers, Rabu (16/2/2022).

Menurut materi paparannya ini, untuk penyediaan bus dialokasikan anggaran sebesar Rp 5,4 miliar. Kemudian untuk anggaran bagi bus antarmoda sebesar RP 8,8 miliar. Serta untuk pembangunan halte sebesar Rp 1,5 miliar dan Penerangan Jalan Umum sebesar Rp 5,4 miliar.

Sementara itu, untuk persiapan bus antarmoda, dengan estimasi penonton sebanyak 63 ribu, Ditjen Hubdat mempersiapkan 278 bus. Diantaranya akan melayani enam rute ke pusat kota dan simpul transportasi diluar kawasan sirkuit.

Diantaranya pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan Bandara Bizam.

“Karena bahwa dengan adanya kegiatan ini banyak penonton yang berasal tak hanya dari Mataram saja, tapi banyak dari luar. Nantinya semua pergerakan simpul transportasi termasuk kawasan pintu gerbangnya akan menggunakan bus angkutan umum, Kita harap angkutan umum itu jadi backbone dari mandalika dari awal ke akhir kegiatan,” katanya.

Rinciannya, untuk pelaksanaan sewa 278 bus ini akan mencakup 27 bus besar, 70 unit bus medium dan 181 unit bus kecil. Saat ini masih dilakukan proses tender yang direncanakan kontraknya akan berlangsung pada 20 Februari 2022 mendatang.

Selain yang disediakan, Dishub Nusa Tenggara Barat juga diharapkan bisa memberdayakan angkutan sewa khusus, taksi, angkutan sewa dan lainnya untuk mendukung penyediaan angkutan MotoGP Mandalika.

Selain itu, Ditjen Hubdat juga akan membangun 4 halte bus di KEK Mandalika diantaranya di parkir sentral timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Serta melengkapi penerangan jalan umum di sejumlah ruas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Bus Shuttle

Lebih lanjut, Dirjen Budi menyampaikan untuk pelayanan shuttle bus yang disediakan akan tersedia setiap lima menit di sejumlah simpul yang ditentukan. Ia menyebut ada tujuh rute yang akan dilayani shuttle bus ini.

Diantaranya, Parkir Barat ke Gate 3 sebanyak 19 bus, Parkir Barat ke Gate 1 sebanyak 30 bus, Parkir Barat ke Gate 2 sebanyak 30 bus. Kemudian Parkir Timur ke Gate 3 34 bus, Parkir Timur ke Gate 2 sebanyak 26 bus, dan Parkir Timur ke Gate 1 sebanyak 29 bus, serta dari Gate 3 ke Gate 2 sebanyak 16 bus.

“Headway tak lebih dari 5 menit, kita harap masyarakat untuk nunggu ke lokasi tak akan nunggu lama, dan masing-masing rute itu kita sudah ada semacam koordinasi degan ITDC masing-masing penonton akan diberikan tanda,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.