Sukses

BI Yakin Digitalisasi Bakal Jadikan Indonesia Negara Maju

Bank Indonesia yakin digitalisasi sistem pembayaran merupakan pintu masuk bagi informasi dan lingkup ekonomi baru.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) yakin, digitalisasi sistem pembayaran merupakan pintu masuk bagi informasi dan lingkup ekonomi baru. Jika itu dimanfaatkan dengan baik, maka akan memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita percaya digitalisasi dapat mentransformasikan Indonesia menjadi negara maju berpenghasilan tinggi," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono dalam side event Presidensi G20 Indonesia, Selasa (15/2/2022).

Doni mengatakan, transformasi digital pada sistem pembayaran yang dilakukan regulator dan industri bakal menjawab tantangan dalam era new normal, dan memberikan benefit besar pada seluruh rakyat Indonesia.

"Itu akan membuka akses kepada 91,3 juta populasi unbank dan 62,9 juta UMKM menuju formal economic and finance dengan cara yang berkelanjutan," ungkap dia.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah menumbuhkan model ekonomi baru. Situasi ini juga telah mendatangkan sejumlah pemain baru, sertatransformasi budaya konsumen mengikuti lansekap ekonomi dan finansial.

"Dan juga pola konsumsi telah bergeser dari offline ke online, dengan sistem keamanan yang lebih terjamin," imbuh Doni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Baru

Kemudian, lanjutnya, sistem pembayaran digital juga telah mengarahkan kita pada kesempatan baru.

Termasuk mendekatkan para pelaku UMKM dengan teknologi, serta memangkas populasi masyarakat yang belum tersentuh bank (unbank).

"Untuk alasan ini, regulator (Bank Indonesia) harus bisa memelihara pertumbuhan ekonomi yang seimbang serta mendorong inovasi, memitigasi segala risiko," ujar Doni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.