Sukses

10 Keterampilan Bikin Karier Melejit, Apa Saja?

Keterampilan yang harus dimiliki para pencari kerja agar mampu bersaing dengan kandidat lain.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan kerja semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bahkan hampir di seluruh perusahaan saat ini mencari orang profesional yang memiliki keterampilan untuk membantu mewujudkan kesuksesan.

Oleh karena itu, sebaiknya setiap individu memiliki keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan tersebut agar mampu bersaing dan bertahan.

Belum lagi adanya dampak dari pandemi. Bisnis di setiap industri saat ini sudah pasti mencari pemain kunci. Perusahaan-perusahaan banyak mencari kandidat yang mampu bersikap positif dan memiliki ide menarik.

Lantas apa saja keterampilan yang harus dimiliki para pencari kerja agar mampu bersaing dengan kandidat lain dalam melamar pekerjaan atau bahkan bertahan di perusahaan saat ini?

Berikut ini 10 keterampilan yang perlu diperhatikan oleh pelamar kerja seperti melansir laman Canadian Immigrant,  Senin (14/02/2022).

1. Kreativitas

Dalam lingkungan profesional, kreativitas berarti kemampuan untuk menemukan cara-cara inovatif yang baru untuk memecahkan masalah yang ada.

Di luar ini, kreativitas juga kemampuan untuk melihat sesuatu yang hilang atau dapat ditingkatkan dan menjadi imajinatif dalam menciptakan nilai bagi perusahaan.

Dengan meningkatnya persaingan di antara bisnis, menjadi sebuah keharusan bagi pengusaha dan perusahaan untuk mempekerjakan individu dengan bakat kreatif. Hal ini dilakukan tentu untuk membantu perusahaan tetap berada di depan kurva.

2. Fleksibilitas

Memiliki fleksibilitas kognitif dapat membantu meningkatkan kesuksesan Anda di tempat kerja. Akan lebih menarik perhatian bila kandidat memiliki kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan baru.

Saat ini, kemampuan untuk melihat sudut pandang yang berbeda dengan empati dan beradaptasi sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan adalah keterampilan yang sangat penting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mampu Menyelesaikan Masalah

Mampu menyelesaikan masalah adalah keterampilan universal yang dicari di setiap industri dan pekerjaan. Ketika melamar pekerjaan, Anda harus menunjukkan kemampuan menilai situasi dan menganalisis informasi. Selain itu, keterampilan ini juga dapat membantu Anda menunjukkan berbagai kompetensi lain, seperti ketahanan, imajinasi, dan pemikiran lateral.

4. Berpikir Kritis

Di setiap industri, tantangan pasti muncul di tempat kerja. Menunjukkan bahwa Anda mampu berpikir kritis, mampu memecahkan masalah secara mandiri, dan menyelesaikan sesuatu dapat membantu Anda berkembang lebih cepat dalam karier.

Pemikir kritis dapat mengevaluasi informasi dari setiap sudut dan tahu bagaimana menafsirkannya untuk mencapai solusi atau kesimpulan.

5. Kemampuan Beradaptasi

Seiring dunia terus berkembang dan tantangan baru muncul, kandidat yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat adalah yang paling dicari. Semakin Anda mudah beradaptasi, semakin produktif Anda di tempat kerja.

6. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi. Rasa kesadaran diri yang tinggi, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial menjadi ciri dari kecerdasan emosional.

Kemampuan untuk berempati dengan orang lain dan berkomunikasi secara efektif untuk meredakan konflik dapat dapat bermanfaat dan mengarahkan diri untuk menciptakan lingkungan kerja menjadi lebih baik.

3 dari 3 halaman

7. Mampu Bekerja Sama dengan Tim

Kesuksesan bisnis juga didukung oleh kerja tim yang baik. Kemampuan Anda untuk bekerja dengan baik bersama tim dapat menghasilkan hasil yang memuaskan bagi semua orang.

Di tempat kerja saat ini, wajar para rekrutmen menilai kemampuan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain.

8. Kepemimpinan

Anda mungkin sudah membentuk sifat ini khususnya selama pandemi. Di tempat kerja, sifat kepemimpinan ini perlu dimiliki apalagi oleh para atasan kerja. Sebab, mereka yang akan memotivasi rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama, menetapkan prioritas, dan dengan gesit mengelola sumber daya adalah keterampilan yang selalu dihargai.

9. Pengambilan Keputusan

Kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang efektif di tempat kerja dapat memberikan manfaat positif bagi diri sendiri dan perusahaan secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa pengambilan keputusan yang kuat adalah keterampilan yang berharga di tempat kerja mana pun.

10. Mampu Memanajemen Waktu

Mengelola proyek atau tugas dengan baik dan mengerjakannya tepat waktu adalah keterampilan yang sangat berharga di tempat kerja. Anda harus mampu memanajemen waktu yang baik. Mulai dari hal ini Anda dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu, meningkatkan kinerja, dan mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini