Sukses

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Semarang Masuk Program Prioritas Kemenhub di 2022

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan tiga program prioritas di sektor perkeretaapian pada 2022, salah satunya proyek kereta cepat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan tiga program prioritas di sektor perkeretaapian. Ini disebut-sebut sebagai salah satu bentuk fokus kepada pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekonomi nasional.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan berdasarkan rencana kerja pemerintah, ada tiga program prioritas. Yakni, proyek kereta api Makassar – Pare-Pare, KA Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung dan Jakarta-Semarang, serta Pengembangan sistem angkutan umum massal di 6 metropolitan.

“Pada 2022, sasaran prioritas nasional yaitu memperkuat infrastruktur untuk mendukung pegembangan ekonomi dan pelayanan dasar,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (9/2/2022).

Proyek prioritas pertama, KA Makassar – Pare-pare dengan fokus pada proyek segmen Maros-Kabupaten Barru (SBSN 2018-2022) sepanjang 59,6 km. Lalu siding KA Mangilu-Tonasa sepanjang 1,5 km, dan Availability Payment. Rencananya segmen pertama KA Makassar – Pare-pare ditarget beroperasi pada November 2022.

Kedua, Kereta cepat di pulau Jawa, yakni, Jakarta-Bandung dan Jakarta-Semarang. Fokusnya, penataan emplasemen stasiun padalarang dan stasiun bandung untuk konektivitas KCJB antara stasiun Padalarang – Stasiun Bandung.

Kemudian, pendampingan pelaksanaan perancangan dasar jalur kereta api tambahan Jakarta-Surabaya. Serta pengembangan fasilitas operasi stasiun padalarang.

Ketiga, pengembangn sistem angkutan umum massal perkotaan di enam wilayah metropolitan. Diantaranya pembangunan jalan KA Layang Medan-Binjai di wilayah perkotaan Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo tu Mebidangro.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Double Track

Kemudian, pembangunan Double Track Kiaracondong-Cicalengka di Bandung Raya serta proyek perkeretaapian di Jabodetabek. Misalnya, Fasilitas perkeretaapian Manggarai-Jatinegara, Fasilitas perkeretaapian Jatinegara-Bogor dan Manggarai –Jakarta Kota, hingga Jabodetabek Railway Capacity Enhancement.

“Adapun dukungan dirjen perkeretaapian dalam program prioritas tersebut khususnya pada pengembangan angkutan umum massal di Mebidangro Bandung Raya, Jabodetabek dan Gerbang Kertasusila,” terangnya.

Dari sisi pendanaan, kata Zulfikri, Direktorat Jenderal Perkeretaapian mendapatkan pagu alokasi anggaran 2022 sebesar Rp 6,72 triliun. Kemudian, dalam rangka mitigasi dampak dari Covid-19, terdapat automatic adjustment sebesar Rp 155,93 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.