Sukses

Diskon Pajak Bawa Berkah, Penjualan Kendaraan dan Rumah Mulai Pulih

Sepanjang 2021 penjualan kendaraan dan perumahan sudah bergerak menuju pemulihan.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang tahun lalu penjualan kendaraan dan perumahan sudah bergerak menuju pemulihan. Hal ini kata Riza sebagai dampak kebijakan pemerintah yang memberikan insentif pajak berupa PPnBM untuk pembelian kendaraan dan PPN DTP dalam pembelian hunian.

"Sektor yang mendapatkan insentif fiskal dari pemerintah ini tumbuhnya cukup tinggi dan ikut mendorong pertumbuhan perdagangan mobil, motor dan reparasi. Hal tersebut juga terjadi di perumahan," kata kata Peneliti Indef Riza Annisa dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa (8/2).

Melihat tren pertumbuhan yang cukup tinggi ini, Riza menilai seharusnya pemerintah tidak melanjutkan pemberian insentif di sektor yang sama. Sebaliknya, pemerintah disarankan untuk memberikan insentif bagi sektor lain yang pertumbuhannya masih terbatas.

"Sektor ini sudah tumbuh membaik setelah di dorong pada tahun 2021. Catatannya, sebaiknya insentif-insentif fiskal ini dipindah ke sektor yang masih membutuhkan dukungan," kata dia.

Sebagai informasi, pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan yang melanjutkan pemberian insentif fiskal untuk PPnBM selama 9 bulan ke depan. Begitu juga dengan insentif PPN DTP bagi sektor properti.

Dua kebijakan ini diberikan pemerintah karena dinilai bisa mengangkat perekonomian. Mengingat kedua sektor ini memiliki efek domino bagi pertumbuhan ekonomi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga untuk Transportasi Naik

Di sisi lain, selama tahun 2021, pengeluaran rumah tangga untuk sektor transportasi juga mengalami perbaikan. Sehingga mampu membuka lapangan usaha transportasi mengalami perbaikan.

"Koneksinya dari pengeluaran rumah tangga ini detailnya untuk peningkatan transportasi sehingga lapangan usaha transportasi menjadi meningkat," kata dia.

Meningkatkan aktivitas transportasi menunjukkan adanya peningkatan mobilitas masyarakat. Sehingga perekonomian bergerak menuju pemulihan dan dalam koridor yang ditargetkan pemerintah.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.