Sukses

Kilang Balikpapan Sukses Pasang Peralatan Utama Produksi BBM Setara EURO V

PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) berhasil melakukan pengangkatan dan pemasangan alat Disenganger/Stripper

Liputan6.com, Jakarta PT Kilang Pertamina Internasional melalui anak usaha PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) berhasil melakukan pengangkatan dan pemasangan alat Disenganger/Stripper, yang merupakan salah satu peralatan penting bagian dari unit Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) di proyek Refinery Development Masterplan (RDMP) Balikpapan.

Pengangkatan ini dilakukan setelah sukses memasang 2 Regenerator pada unit RFCC sebelumnya di awal tahun ini, dengan total berat lebih dari 2 ribu ton.

Disenganger/Stripper memiliki berat lebih dari 900 ton, dengan tinggi 36,7 meter dan diameter 11,1 meter. Alat ini merupakan bagian dari unit RFCC yang berfungsi untuk menghasilkan produk bernilai tinggi atau BBM dengan kualitas yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Pengadaan dan pembuatan peralatan ini memerlukan waktu sekitar tahun di Korea Selatan sampai tiba di Balikpapan. Disenganger/Stripper telah berhasil dipasang pada Jumat (4/2/2022) dengan menggunakan crane berkapasitas 2.800 ton, yang merupakan Electric Ringer Crane raksasa di dunia.

Pemasangan peralatan ini berkontribusi positif terhadap perkembangan proyek. Hingga akhir Januari 2022, proyek RDMP Balikpapan & Lawe-Lawe telah mencapai progress sekitar 48 persen.

"Walaupun kita sedang fokus untuk percepatan progress proyek, namun safety tetap menjadi aspek utama dalam seluruh kegiatan operasional perseroan," ujar Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan Feri Yani, Selasa (8/2/2022).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Ketelitian

Feri menyampaikan, pekerjaan pemasangan ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang matang, mengingat peralatan yang dipasang memiliki dimensi yang sangat besar.

"Perencanaan telah dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten guna mendukung suksesnya pekerjaan yang memiliki risiko tinggi ini. Pada awal tahun 2022, proyek RDMP Balikpapan ini telah melibatkan pekerja sebanyak 13.000 personil," ungkapnya.

"Diharapkan penyelesaian proyek ini dapat selesai tepat waktu. Sehingga cita-cita pengembangan kilang Balikpapan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan dari 260 kbpd menjadi 360 kbpd, kualitas produk untuk memenuhi kualitas setara EURO V yang lebih ramah lingkungan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.