Sukses

BLT Rp 600 Ribu Segera Cair untuk 2,76 Juta Pedagang, PKL, dan Nelayan

Pemerintah akan kembali memberikan bantuan kepada pelaku UMKM, khususnya pemilik warung, pedagang kaki lima dan nelayan di kuartal I 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan kembali memberikan bantuan kepada pelaku UMKM, khususnya pemilik warung, pedagang kaki lima dan nelayan di kuartal I 2022. Akan ada 2,76 juta pelaku usaha yang mendapatkan bantuan langsung tunai masing-masing Rp 600.000.

"Bantuan pedagang warung dan pedagang kaki lima akan kita salurkan kembali melalui TNI dan Polri," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutan Seminar Hari Pers Nasional, Jakarta, Selasa (8/2).

Dalam program ini akan ada 1 juta pedagang kaki lima atau pemilik warung yang menjadi sasaran. Sisanya 1,76 juta orang akan disalurkan kepada nelayan penduduk miskin ekstrem.

Program ini akan disalurkan ke 212 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masuk target pengentasan kemiskinan ekstrem pada tahun 2022.

Selain itu, pemerintah juga melanjutkan pemberian insentif PPN ditanggung pemerintah (DTP) untuk sektor perumahan selama 9 bulan di tahun 2022. Insentif 50 persen diberikan untuk rumah tapak atau rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar.

Sedangkan 25 persen untuk rumah tapak atau rumah susun dengan harga Rp 2 miliar - Rp 5 miliar. Berdasarkan data DPP REI, potensi insentif yang bisa terserap dalam program PPN DTP mencapai Rp 3,26 triliun.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Realisasi program ini diharapkan bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2022. Sehingga perekonomian akan tumbuh positif, di tengah ancaman varian omicron yang sedang berlangsung.

"Front loading ini didorong agar kuartal I-2022 ini kita dahulukan agar kita bisa tumbuh positif," kata dia.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.