Sukses

Rupiah Diprediksi Melemah, Tertekan Angka Inflasi Global

Nilai tukar rupiah pada Selasa diproyeksikan melemah tertekan kenaikan inflasi global.

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah pada Selasa diproyeksikan melemah tertekan kenaikan inflasi global.

Rupiah pagi ini bergerak menguat 2 poin atau 0,01 persen ke posisi 14.391 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.393 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah masih berpotensi melemah terhadap dolar AS hari ini. Faktor yang menjadi penekan rupiah masih sama yaitu kenaikan inflasi global dan ekspektasi kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS," kata Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra seperti dikutip dari Antara, Selasa (8/2/2022).

Selain itu faktor penekan bagi rupiah lainnya yaitu tren kenaikan harga minyak mentah yang memberikan dorongan tambahan kenaikan inflasi.

Kemudian penurunan surplus neraca perdagangan Indonesia dan gelombang ketiga COVID-19 di Tanah Air yang memicu pengetatan pembatasan aktivitas ekonomi, juga bisa melemahkan rupiah.

"Di sisi lain, sentimen positif pelaku pasar terhadap aset berisiko terutama pasar saham bisa menjaga pelemahan rupiah tidak terlalu dalam," ujar Ariston.

Menurut Ariston, pelaku pasar masih optimistis terhadap pemulihan ekonomi di tengah pandemi dengan membaiknya pendapatan perusahaan.

"Pertumbuhan PDB Indonesia yang sesuai target juga membantu menumbuhkan kepercayaan pelaku pasar terhadap pemulihan ekonomi yang bisa menahan pelemahan rupiah," ujar Ariston.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan IV-2021 tumbuh 1,06 persen (qtq) dan jika bandingkan dengan triwulan IV-2020 tumbuh 5,02 persen (yoy).

Dengan demikian, perekonomian Indonesia secara kumulatif sepanjang 2021 berhasil tumbuh positif mencapai 3,69 persen atau lebih baik dibandingkan 2020 yang mengalami kontraksi 2,07 persen.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini berpotensi melemah ke 14.420 per dolar AS dengan potensi support di kisaran 14.380 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.