Sukses

Syarat, Jenis dan Cara Ajukan KUR di Bank Mandiri

KUR bertujuan meningkatkan serta memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif. Begini syarat, jenis dan cara ajukan KUR di Bank Mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Kredit Usaha Rakyat ( KUR) merupakan kredit/ pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKMK yang feasible tetapi belum bankable.

Mungkin masih ada yang belum tahu cara ajukan KUR di bank. KUR bertujuan meningkatkan serta memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif. Kemudian meningkatkan kapasitas energi saing UMKM, mendesak perkembangan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja, dan mengatasi kemiskinan.

Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden No 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Zona Riil serta Pemberdayaan UMKM.

Program KUR secara formal diluncurkan pada bertepatan pada 5 November 2007. Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan ataupun lembaga keuangan yang ialah Penyalur KUR.

Dana yang disediakan berbentuk dana keperluan modal kerja dan investasi yang disalurkan kepada pelakon UMKM orang/ perseorangan, tubuh usaha serta/ ataupun kelompok usaha yang mempunyai usaha produktif serta layak tetapi belum mempunyai agunan bonus ataupun feasible tetapi belum bankable.

Salah satu bank BUMN penyalur KUR adalah Bank Mandiri. Melansir laman resminya, Selasa (8/2/2022), ada 5 jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Mandiri :

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro memiliki kredit maksimal sampai dengan Rp 10 Juta per debitur dan jangka waktu untuk :

- Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun

- Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

2. KUR Mikro

KUR Mikro yang memiliki kredit diatas 10 Juta dengan maksimal sampai dengan Rp 50 Juta Per debitur dan jangka waktu :

- Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun

- Kredit Investasi (KI) maksimal 5 Tahun.

3. KUR Kecil

Kur kecil ini memiliki kredit di atas Rp. 50 Juta sampai dengan maksimal 500 JUta per debitur dan memiliki jangka waktu :

- Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun

- Kredit Investasi ( KI) maksimal 5 tahun.

4. KUR penempatan TKI

KUR penempatan TKI memiliki limit maksimal sampai dengan Rp 25 Juta Per debitur dengan jangka waktu paling lama sama dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun.

5. KUR Khusus

Dengan limit hingga dengan Rp 500 juta Diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam wujud klaster dengan memakai mitra usaha buat komoditas perkebunan rakyat serta peternakan rakyat dan perikanan rakyat, industri Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah, ataupun komoditas zona produktif lain yang dapat dibesarkan jadi KUR Spesial.

Jangka Waktu KUR Spesial:

- Kredit Modal Kerja( KMK) optimal 4 tahun dan

- Kredit Investasi( KI) optimal 5 tahun

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Dokumen

Berikut syarat dokumen yang harus dibawa saat mengajukan KUR di Bank Mandiri

KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus

  • Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang dan/atau surat keterangan yang dipersamakan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  •  Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa eKTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  •  NPWP untuk limit diatas Rp 50 Juta.

KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa eKTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  • Perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia.
  • Perjanjian Kerja dengan pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia baik yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia, Pemerintah atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja secara perseorangan.

Bank Mandiri menyebutkan jika manfaat KUR ini antara lain:

  • Proses mudah dan cepat 
  • Persyaratan kredit yang ringan 
  • Agunan adalah berupa objek yang dibiayai 
  • Suku bunga 6 persen efektif per tahun 
  • Agunan tambahan untuk KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil sampai Rp 100 Juta, dan KUR Penempatan TKI tidak dipersyaratkan, sedangkan untuk KUR Kecil > Rp 100 Juta dipersyaratkan berupa tanah dan/ atau bangunan atau kendaraan bermotor sesuai dengan ketentuan bank. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.