Sukses

Bangun Tol Getaci, Waskita Karya Kejar Penyehatan Keuangan di 2022

Waskita Karya berhasil memenangkan lelang pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) melalui konsorsium.

Liputan6.com, Jakarta PT Waskita Karya (Persero) Tbk membidik jasa konstruksi pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci), melalui pendirian Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Gedebage Cilacap (PT JGC).

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, keikutsertaan Waskita pada konsorsium ini masih berfokus pada proyek-proyek infrastruktur dalam skala minoritas dan berperan aktif dalam proses konstruksinya. Sehingga target kontrak baru jasa konstruksi dapat tercapai pada 2022 ini.

"Dengan berbekal dukungan dari pemerintah serta kesuksesan implementasi 8 stream penyehatan keuangan Waskita pada tahun lalu, perseroan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja keuangan yang berkelanjutan dengan fokus pada bisnis operasional di tahun 2022 dan mengutamakan prinsip GCG & manajemen risiko dalam setiap proses pemilihan kontrak baru," terangnya, Senin (7/2/2022).

Sebelumnya, Waskita Karya berhasil memenangkan lelang pembangunan Tol Getaci melalui konsorsium PT JGC bersama 6 perusahaan konstruksi lainnya.

Mayoritas saham PT JGC dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, diikuti PT Dayamulia Turangga, PT Gama Group, PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Jasa Sarana, dan Wijaya Karya.

Pada konsorsium ini, perseroan memiliki saham minoritas sebanyak 12.191 lembar saham, atau setara dengan 20 persen kepemilikan pada PT JGC.

Dengan pendirian PT JGC ini, diharapkan akan memberikan peluang bagi Waskita Karya untuk mendapatkan porsi konstruksi dalam pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Selain itu, Pendirian PT JGC ini sejalan dengan strategi transformasi bisnis Waskita yang saat ini lebih fokus mengerjakan proyek-proyek dengan porsi kepemilikan minoritas dan berisiko rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waskita Karya Setor Modal ke Pengelola Jalan Tol Gedebage-Cilacap

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) setor modal senilai Rp 1,21 miliar kepada PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC), konsorsium yang mengerjakan mega proyek jalan tol nasional Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Setoran modal tersebut setara dengan 20 persen atau setara 12.191 saham kepemilikan PT Waskita Karya Tbk di PT Jasamarga Gedebage Cilacap yang dilakukan pada 28 Januari 2022. Nilai transaksi tersebut 0,01 persen dari ekuitas perseroan Rp 15,74 triliun per September 2021.

Setoran modal itu termasuk transaksi afiliasi karena perseroan melakukan transaksi dengan PT Jasamarga (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki saham di perseroan, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Adapun transaksi tersebut dilakukan dengan perseroan diharapkan berpeluang mendapatkan porsi konstruksi dalam rangka pembangunan jalan tol ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Jalan Tol Gedebage-Cilacap)

Dengan demikian, perseroan dapat memaksimalkan kinerja usahanya dan akan memberikan nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham PT JGC.

Berdasarkan penilai independen KJPP Doli Siregar dan Rekan yang telah ditunjuk PT Waskita Karya Tbk pun memberikan pendapat wajar atas transaksi rencana setoran modal perseroan perseroan kepada PT JGC.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.