Sukses

Prediksi Harga Emas Pekan Ini, Naik atau Turun?

Harga emas diprediksi akan terjebak pada level USD 1.800 per ons.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas diprediksi akan terjebak pada level USD 1.800 per ons. Hal ini karena pasar mulai memperkirakan potensi kenaikan suku bunga 50 basis poin di bulan Maret. Fokus pekan ini adalah pada angka inflasi AS terbaru.

Dikutip dari kitco.com, Senin (7/2/2022), titik data yang paling diantisipasi minggu lalu mengejutkan pasar pada hari Jumat, karena investor mencerna ekonomi AS yang melaporkan perekrutan yang kuat dan upah yang lebih tinggi, dengan 467.000 pekerjaan diciptakan pada Januari.

"Banyak di Wall Street mengharapkan angka negatif. Sebaliknya, kami melihat perekrutan yang kuat, upah yang lebih tinggi, dan lebih banyak orang Amerika kembali ke angkatan kerja. Imbal hasil Treasury meroket bersama dolar," kata analis pasar senior OANDA Edward Moya mengatakan kepada Kitco News.

Sebagai tanggapan, emas jatuh, tetapi minat beli yang kuat di bawah level USD 1.800 per ons telah membantu emas pulih. Emas berjangka Comex April terakhir diperdagangkan pada USD 1.806,20, naik 0,12 persen hari ini.

Mengingat data ketenagakerjaan yang kuat, pasar mulai memperkirakan kenaikan suku bunga 50 basis poin di bulan Maret.

"Untuk emas, tantangan terbesar selalu seberapa agresif Fed harus dengan kebijakan pengetatan. Dengan beberapa laporan inflasi yang lebih panas yang datang sebelum pertemuan FOMC Maret, kasus dasar dengan cepat menjadi kenaikan suku bunga pertama menjadi kenaikan suku bunga setengah poin,” jelas Moya.

Disamping itu, lingkungan dengan imbal hasil obligasi global yang melonjak tidak pernah baik untuk emas. Tetapi apa yang ditunjukkan oleh pola perdagangan baru-baru ini, adalah dengan emas dan imbal hasil obligasi, ini bukan lagi perdagangan satu arah.

 "Jika kita berbicara tentang imbal hasil Treasury naik 30 basis poin lagi, itu biasanya berarti emas di USD 1.650. Tapi bukan itu masalahnya dan bukan itu yang terjadi sekarang," kata Moya.

Kabar baik untuk emas adalah ada pembeli di bawah level USD 1.800. Namun, jika itu berubah, logam mulia bisa bermasalah. Ini akan menjadi periode berombak untuk saham dan emas memasuki bulan Maret.

“Kita mungkin akan melihat lebih banyak arus masuk ke emas hanya karena risiko geopolitik yang signifikan dan tekanan inflasi. Bitcoin mulai bersaing dengan emas lagi karena uang institusional mencoba menangkapnya. tawaran," kata Moya.

Tetapi pembeli emas muncul saat penurunan, menunjukkan bahwa bagi banyak investor, emas masih merupakan lindung nilai inflasi dan tempat berlindung yang aman.

Di atas ketidakpastian Fed, pasar juga menghadapi kemiringan hawkish dari Bank Sentral Eropa dan Bank Inggris.

Meskipun mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah pada -0,5 PERSEN minggu ini, presiden ECB Christine Lagarde mengatakan kepada wartawan, dia semakin khawatir dengan lonjakan inflasi baru-baru ini.

Komentarnya muncul setelah data inflasi zona euro menunjukkan biaya hidup melonjak ke rekor 5,1 persen pada Januari. Bank of England itu juga meningkatkan perjuangannya melawan inflasi tinggi selama tiga dekade di Inggris, dengan kenaikan suku bunga berturut-turut yang pertama sejak 2004, meningkatkan suku bunga kebijakan menjadi 0,5 persen.

"Pasar keuangan menilai BoE meningkat 50 basis poin di bulan Maret. Banyak pengetatan sulit untuk emas," kata Moya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Level Harga Emas

Ahli strategi pasar senior RJO Futures Frank Cholly, menyatakan, emas tetap terjebak dengan aksi harga sideways, untuk saat ini. Kenaikan 50 basis poin bisa merugikan emas, hasil bergerak lebih tinggi sekarang, tapi emas bertahan di atas USD 1.800, dan itu menggembirakan.

“Emas seharusnya bisa bergerak lebih tinggi karena tekanan harga global, tapi saya tidak akan terlalu bullish sampai emas membuatnya di atas USD 1.900,” ujar Cholly.

Disisi lain, ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina bersama dengan melonjaknya harga energi akan membantu emas, tambah Cholly.

"Inflasi pada akhirnya akan menguntungkan emas, harga energi yang tinggi bergejolak di seluruh perekonomian. Semuanya membutuhkan energi untuk memproduksinya dan menambangnya. Saya berharap bahwa biaya energi yang lebih tinggi akan meningkatkan harga logam mulia. Ketegangan geopolitik dengan Rusia dapat berdampak besar pada harga energi,” kata Cholly.

Lanjut Moya, pasar bisa melihat minyak Brent USD 100 minggu depan. Lintasan ini semakin menarik, ketegangan geopolitik kembali meningkat, sehingga isu energi adalah risiko terbesar saat ini.

“Level emas kritis yang harus diperhatikan adalah USD1.780 per ons. Emas kemungkinan akan diperdagangkan antara USD 1.780 hingga USD 1.820 minggu depan. Jika kita menembus di bawah USD 1.780, itu bisa menjadi jelek. Saya akan sangat prihatin sejauh potensi penjualan momentum bearish,” pungkas Moya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.