Sukses

Menanti Laporan Tenaga Kerja AS, Rupiah Tergelincir

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Jumat sore ditutup melemah tipis

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Jumat sore ditutup melemah tipis, seiring pasar yang saat ini sedang menunggu data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) yang dirilis nanti malam.

Rupiah sore ini ditutup melemah 3 poin atau 0,02 persen ke posisi 14.383 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan hari sebelumnya yaitu 14.377 per dolar AS.

"Rupiah bergerak sideways pada perdagangan hari ini dipengaruhi aksi pelaku pasar yang masih wait and see terhadap rilis data tenaga kerja AS yaitu Non-Farm Payroll (NFP) dan tingkat pengangguran," kata Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri seperti dikutip dari Antara, Jumat (4/2/2022).

Sebelumnya data tenaga kerja AS versi Automatic Data Purchasing Inc. (ADP) telah melaporkan penurunan jumlah tenaga kerja di sektor swasta menjadi 301 ribu pekerjaan pada bulan lalu.

Sementara itu data untuk periode Desember 2021 juga direvisi turun menjadi 776 ribu pekerjaan setelah laporan sebelumnya menunjukkan sebesar 807 ribu pekerjaan.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen Dalam Negeri

Dari domestik, pelaku pasar akan menantikan rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal empat dan keseluruhan tahun 2021.

Ia memperkirakan ekonomi tumbuh 5,06 persen pada triwulan IV-2021, sedangkan untuk keseluruhan tahun lalu yakni 3,69 persen.

Selain itu masih terdapat sentimen kekhawatiran pasar akan peningkatan kasus Omicron yang meningkat di dalam negeri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.