Sukses

Bisnis Indekos Mulai Pulih Usai Terdampak Pandemi Covid-19

Tingkat keterisian sempat anjlok akibat pandemi Covid-19, bisnis indekos kini mulai pulih.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama dua tahun mulai melandai. Hal ini dilihat dari kembalinya pekerja ke kantor hingga berlangsungnya pembelajaran tatap muka.

Bisnis indekos yang sempat mengalami pergerakan selama pandemi, mulai mengalami peningkatan permintaan yang signifikan. Occupancy kamar di sebagian besar indekos misalnya, mulai terisi satu persatu.

Haryanto Tanoyo, pemilik Kost Pasar Baru Samanhudi mengatakan dirinya bersyukur bisnis indekos khususnya unit kostnya kembali penuh.

“Kemarin saat pandemi sempat turun occupancy-nya, kemudian saya ingat duduk bareng sama tim RoomMe untuk memikirkan strategi ditengah pandemi. Hasilnya sudah terlihat," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Menangkap momen ini, RoomMe, virtual kost operator pertama dan terbesar di Indonesia, menghadirkan #TerimaKasihJuragan.#TerimaKasihJuragan merupakan sebuah bentuk terima kasih dan apresiasi dari RoomMe kepada pemilik Indekos yang konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik.

Bentuk apresiasi ini diberikan RoomMe melalui pemberian plakat RoomMe Gold Medal dan voucher untuk kebutuhan indekos.

Ada lima unit kost baik skala kecil hingga menengah yang mendapatkan plakat tersebut. Kelima unit itu adalah indekos Depok Dyaneva, indekos Rawamangun Best, indekos Pancoran Kalibata Tengah Suites 16, indekos Melawai Adriana, dan indekos Pasarbaru Samanhudi.

Penghargaan ini didapatkan karena konsistensi lima unit indekos tersebut dalam memberikan pelayanan mereka meskipun ditengah pandemi.

“Kami menyadari bahwa mempertahankan pelayanan yang prima ditengah gempuran pandemi selama dua tahun ini merupakan tantangan yang besar. Oleh sebab itu, kami memberikan penghargaan RoomMe Gold Medal ini sebagai rasa bersyukur dan terima kasih kami kepada para Juragan Kost”, ujar General Manager RoomMe Rudianto Lim.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Adaptasi

Dia menuturkan pemilik Kost perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama pandemi ini. Memberikan standar pelayanan di unit kost dengan fasilitas tertentu seperti WiFi, meja dan kursi yang nyaman, serta kebersihan lingkungan yang terjaga merupakan hal yang penting.

Selain itu, disebutkan pula bahwa Juragan Kost perlu melakukan cara pemasaran yang kreatif mengikuti trend yang ada. Pemasaran kreatif ini dapat dilakukan dengan memakai beragam chanel social media seperti melakukan review kost di TikTok, aktif beriklan di Instagram, hingga bekerja sama dengan operator kost.

“Kedepannya kami berkomitmen untuk selalu mendukung Juragan Kost dalam mengelola kostnya. Program #TerimaKasihJuragan ini merupakan langkah awal kami untuk turut berpartisipasi mendukung indekos Indonesia, turut mengambil peran dalam memulihkan ekonomi Indonesia pasca COVID-19”, ucap Rudianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.