Sukses

Belajar dari Miliarder Steve Schwarzman, Hindari 2 Hal Ini Jika Ingin Kaya

Stephen Schwarzman memperoleh kekayaan dari The Blackstone Group, perusahaan yang bergerak sebagai firma ekuitas swasta global yang dia dirikan dengan Lehman Brothers Pete Peterson.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki harta kekayaan USD23,5 miliar atau Rp 336 triliun (1 USD = 14,326) pada 2021 lalu membuat Stephen Schwarzman menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Kekayaannya diperoleh dari The Blackstone Group, perusahaan yang bergerak sebagai firma ekuitas swasta global yang dia dirikan pada tahun 1985 dengan Lehman Brothers Pete Peterson.

Ternyata, Schwarzman memiliki banyak cerita yang layak dibagikan tentang perjalannya menjadi miliarder. Dikutip dari laman entrepreneur.com, Selasa (1/2/2022), berikut 2 kesalahan utama Steve Schwarzman, yang bisa Anda pelajari:

1. Tak Meminta Bantuan saat Mulai Pekerjaan Baru

Salah satu nasihat Steve Schwarzman yang paling umum adalah meminta bantuan saat Anda memasuki wilayah baru. Dia mengatakannya dalam wawancara, dalam seminar, baik itu karier, hubungan, atau hobi baru, langkah terbaik adalah melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan di lingkungan yang tidak dikenal yakni bertanya dan minta bantuan jika Anda tak mampu atau bingung.

Schwarzman mengakui bahwa ia memulai karirnya di bidang keuangan dengan melakukan hal yang sebaliknya. Dalam pekerjaan pertamanya dengan bank investasi 'Donaldson, Lufkin, & Jenrette,' miliarder itu mengatakan "Sama sekali tidak terlatih. Tidak ada yang membantu saya. Mereka baru saja meninggalkan saya di kantor dan saya terlalu malu untuk meminta bantuan,” ujar Schwarzman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Mendekati Investor Tanpa Persiapan

Ketika dia mulai mendirikan Blackstone bersama Peter G. Peterson, Schwarzman membuat apa yang dia sebut, "kesalahan setiap pengusaha" dan itu hampir merugikan bisnisnya.

Mereka baru saja mulai merayu investor untuk dana ekuitas swasta awal, dan mulai dengan melakukan apa yang mereka pikir akan menjadi yang terbaik: mereka mendekati investor yang mereka tahu yang terbaik.

Logikanya sederhana: Jika mereka mengenal orang-orang ini, kemungkinan besar mereka akan mempercayai mereka. Masalahnya adalah Schwarzman dan rekannya tidak benar-benar memahami semua obrolan bersama investor tersebut.

Alih-alih memasuki setiap pertemuan lapangan yang disiapkan untuk melawan setiap dan semua keberatan, Schwarzman dan Peterson gagal dalam setiap pendekatan. Mereka buta dan tidak siap karena mereka tidak berlatih. Mereka pikir tidak perlu mempersiapkan hal apapun dengan investor yang sudah mereka kenal.

Namun, perlu diketahui bahwa penting untuk mempersiapkan segala hal dengan mencari tahu latar belakang investor dan lainnya. Tujuannya agar Anda bisa masuk dalam obrolan dengan investor tersebut untuk menarik perhatian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.