Sukses

Top 3: Berbagai Manfaat Harta Karun Lumpur Lapindo

Berita mengenai harta karun di Lumpur Lapindo ini masih banyak dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginformasikan adanya temuan harta karun logam yang tertanam di lumpur Lapindo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut penelitian, di sana terdeteksi adanya kandungan logam tanah jarang dan juga kandungan logam lainnya yang disebut critical raw material.

Berita mengenai harta karun di Lumpur Lapindo ini masih banyak dibaca. Selain itu, ada berita lain yang juga tak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Senin (31/1/2022):

1. Lumpur Lapindo Simpan Harta Karun Logam, Apa Saja Manfaatnya?

Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginformasikan adanya temuan harta karun logam yang tertanam di lumpur Lapindo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut penelitian, di sana terdeteksi adanya kandungan logam tanah jarang dan juga kandungan logam lainnya yang disebut critical raw material.

Kendati begitu, Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menilai, temuan awal di Lumpur Lapindo masih terlalu mentah. Diperlukan kajian lebih mendalam agar bisa menemukan manfaat bisnis dari harta karun tersebut.

"Memang kemungkinan adanya rare earth dan mineral lain memungkinkan sekali ada di sana. Tapi data yang ada saat ini masih mentah sekali. Perlu dilakukan penelitian mendalam mengenai potensi yang ada dan nilai keekonomisannya," ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (30/1/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Harga CPO Dunia Sentuh Rekor Tertinggi, Petani Sawit Justru Hancur

Harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) mengukir rekor harga tertinggi sepanjang masa pada akhir pekan ini. Pada Jumat (28/1/2022), harga CPO ditutup pada MYR 5.828 per ton, naik 3,38 persen dari harga penutupan di hari sebelumnya.

Di saat bersamaan, pemerintah juga menetapkan kewajiban pasokan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO) minyak sawit 20 persen, serta domestic market price (DPO) Rp 9.300 per kg untuk CPO dan Rp 10.300 per liter olein.

Kebijakan tersebut dibuat guna menjamin harga jual minyak goreng di pasar domestik pada kisaran Rp 11.500 untuk kemasan sederhana, dan Rp 14.000 untuk minyak goreng kemasan premium.

Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengkonfirmasi, kebijakan pemerintah tersebut turut menga

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Potret Penampakan Pembangkit Listrik Kapal Karya PLN dan PT PAL

Kolaborasi PT PLN (Persero) dan PT PAL Indonesia berhasil membangun Pembangkit Listrik Kapal atau Mobile Power Plant (MPP) modern.

Sinergi dua BUMN ini menjadi tonggak revolusioner dari pembangunan pembangkit listrik mobile berupa Barge Mounted Power Plant (BMPP), atau pembangkit listrik yang dipasang pada kapal tongkang.

BMPP tahap pertama yang dikembangan PLN melalui anak usahanya PT Indonesia Power yang bersinergi dengan PT PAL ini diberi nama BMPP Nusantara 1.

Pembangkit mobile berkapasitas 60 MW (Mega Watt) ini telah selesai dan segera menuju ke Ambon, Maluku ditandai dengan acara Delivery to Site (Sail Away) BMPP Nusantara 1, yang dilaksanaan di dermaga bandar barat Divisi Kapal Niaga PT PAL di Surabaya Jumat (28/1).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini