4 Strategi Finansial Baru di Tahun Macan, Demi Masa Depan yang Lebih Baik

Oleh stella maris pada 29 Jan 2022, 13:03 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 13:03 WIB
Ilustrasi strategi finansial
Perbesar
Ilustrasi strategi finansial (Foto:Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru China alias Imlek 2022 yang dirayakan orang Tionghoa membawa kesan tersendiri. Selain kebahagiaan karena dapat bersilaturahmi dengan penerapan protokol kesehatan, Imlek yang ditandai dengan tahun macan air ini juga diharapkan semakin banyak kelimpahan dan kemakmuran. 

Dalam penanggalan China, macan air melambangkan kepercayaan diri, kekuatan, dan keberanian. Nah, ngomong-ngomong tentang keberanian, sudah percaya dirikah kamu untuk memperbaiki sisi finansial, demi masa depan yang lebih baik? 

Faktanya, mengatur keuangan apalagi saat perayaan spesial memang susah-susah gampang, terutama bagi kamu yang memiliki banyak tanggungan. Layaknya perayaan besar lainnya, tentunya banyak biaya yang dikeluarkan selama perayaan berlangsung. 

Maka dari itu, agar keuanganmu tetap terjaga, harus mengatur anggaran Imlek, nih. Mulai dari angpao, membeli pakaian baru yang akan dipakai saat Imlek, membeli makanan dalam jumlah besar untuk dimakan bersama, sampai berjalan-jalan bersama kerabat.

Tenang saja, kali ini kamu tidak perlu khawatir uang kamu terkuras habis karena banyaknya pengeluaran pada saat tahun baru Imlek. Ada beberapa tips keuangan, agar dompetmu tetap aman, simak penjelasan berikut ini, yuk!

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Atur Bujet Angpao

Ilustrasi merayakan Imlek
Perbesar
Ilustrasi merayakan Imlek (Foto:Shutterstock).

Salah satu tradisi turun temurun setiap perayaan Imlek adalah pemberian angpao. Ya, bagi kamu yang sudah menikah, tentunya nggak menerima angpao. Sebaliknya, kamu justru memberikan angpao berisi sejumlah uang kepada saudara. 

Jika memang bujetmu pas-pasan, nggak perlu malu atau bahkan gengsi untuk memberikan sejumlah uang sesuai kemampuanmu dan berikanlah kepada saudara inti. Namun jika ada rezeki lebih, nggak ada masalah juga kok, kalau kamu memberikannya kepada teman. 

Satu hal yang harus dipahami bersama bahwa tujuan pemberian angpao saat Imlek adalah doa dan kasih sayang. Dengan jumlah angpao yang dibatasi, kamu pun jadi bisa mengalokasikan budget untuk keperluan lainnya. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makan Bareng Keluarga di Rumah

Ilustrasi merayakan imlek bareng keluarga
Perbesar
Ilustrasi merayakan imlek bareng keluarga (Foto:Shutterstock).

Makan bersama adalah salah satu kegiatan penting dalam perayaan hari raya Imlek. Tujuannya nggak lain, untuk mempersatukan dan  mempererat hubungan satu sama lain. 

Maka dari itu, nggak heran kalau menu yang disajikan saat Imlek adalah mie panjang umur, ikan bandeng utuh, dan sayuran khas imlek. Makanan tersebut disajikan karena merupakan simbol dari pengharapan agar keberuntungan tidak pernah habis. 

Bujet yang dikeluarkan untuk jamuan makan malam keluarga ini akan sangat bergantung pada menu makanan dan jumlah anggota keluarga yang dijamu.Selain lebih hemat, akan lebih seru juga bukan bila bersama-sama ikut mencicipi hidangan satu sama lain.

Perhatikan gaya hidup 

Gaya hidup orang Tionghoa sebenarnya sederhana. Mereka biasa memasak dan mengonsumi makanan dari rumah, untuk menghemat. Dana yang ada pun dialokasikan untuk ditabung atau diputar untuk dijadikan modal bisnis. 

Maka dari itu, ada peribahasa yang selalu diajarkan sejak kecil, agar saat hidup kita nggak besar pasak daripada tiang. Ya, jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukkan. Tujuannya nggak lain, agar kita dapat hidup lebih bijak dengan pengaturan pola keuangan yang juga bijaksana. 

Manfaatkan Potongan Harga Saat Imlek

Ilustrasi diskon
Perbesar
Ilustrasi diskon

Setiap tahun baru Imlek, nggak lengkap rasanya bila tak memakai baju baru bernuansa merah. Warna merah pada perayaan Imlek memiliki simbol ‘pengharapan’ di tahun yang baru, di mana semua kesedihan akan digantikan dengan kebahagiaan. 

Untuk menghemat anggaran, akan lebih baik jika kamu membelinya dengan memanfaatkan diskon atau potongan harga yang ditawarkan di berbagai marketplace online. Oh ya, ketika semua anggaran sudah disiapkan, ada baiknya kamu juga memikirkan tentang pentingnya perencanaan kehidupanmu di kemudian hari. 

Salah satunya dengan asuransi. Dalam momen spesial ini, FWD Insurance salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital juga menawarkan potongan harga lho! Ada Diskon 30% dari periode 25-31 Januari 2022 untuk pembelian atau kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id.

Jadi, asuransi ini bukan hanya sebagai pendukung gaya hidup, tapi sekaligus jadi penjamin masa depan. Oleh karena itu, pastikan keranjang belanjaan kamu hanya terisi dengan produk yang kamu butuhkan saat Imlek. Think smart dalam berbelanja ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya