Sukses

Top 3: Daftar Utang Negara Berkembang di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Berita mengenai perbandingan utang Indonesia dengan sejumlah negara ini banyak dibaca

Liputan6.com, Jakarta Utang luar negeri Indonesia meningkat selama pandemi Covid-19. Lonjakan utang ini tidak terlepas dari pelebaran defisit APBN yang dilakukan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sebagian besar negara mengalami kenaikan utang hingga dua digit dari masing-masing PDB.

Berita mengenai perbandingan utang Indonesia dengan sejumlah negara ini banyak dibaca. Selain itu, masih ada berita yang memiliki topik tidak kalah menarik.

Berikut berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Jumat (27/1/2022):

1. Daftar Utang Negara Berkembang di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Utang luar negeri Indonesia meningkat selama pandemi Covid-19. Lonjakan utang ini tidak terlepas dari pelebaran defisit APBN yang dilakukan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sebagian besar negara mengalami kenaikan utang hingga dua digit dari masing-masing PDB.

Terbesar India dengan pertumbuhan utang mencapai 24 persen, disusul Brazil tumbuh 19,5 persen dan China 18,7 persen. Kemudian disusul Arab Saudi naik 14,4 persen, Filipina naik 13,4 persen, Thailand naik 11,6 persen, dan Indonesia naik 10,8 persen. Hanya Mexzico, Vietnam dan Rusia yang kenaikan utangnya dibawah 10 persen, yakni masing-masing 8,7 persen, 8,6 persen dan 4,6 persen

"Dalam 2 tahun ini memang Indonesia menambah defisit 10,8 prsen dari GDP, tapi masih ada negara lain yang lebih besar," kata Sri Mulyani dalam Raker Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pemerintah Tetapkan HET Minyak Goreng Rp 14.000 per 1 Februari 2022

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan pemerintah akan memberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET) bagi minyak goreng curah hingga minyak goreng kemasan premium. Aturan ini akan mulai berlaku pada 1 Februari 2022.

“Selain Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) per tanggal 1 februari 2022 kami juga akan memberlakukan penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng,” katanya dalam konferensi pers, Kamis (27/1/2022).

Dengan begitu, diharapkan terjadi kestabilan harga minyak goreng di sektor pasaran. Langkah ini pula disebut sebagai pengembalian kestabilan harga kepada mekanisme pasar.

Rincian HET minyak goreng diantaranya, minyak goreng curah dipatok Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter.

Baca berita selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Link, Syarat Khusus hingga Cara Daftar Penerimaan Polri 2022

Menjadi bagian dari anggota Polri begitu didambakan sebagian orang. Bagi yang belum berkesempatan bergabung pada penerimaan Polri 2022, mungkin sekarang bisa mencoba kembali seiring pembukaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2022 kembali dibuka.

Mengutip informasi dari website penerimaan.polri.go.id, Kamis (27/01/2022), SIPSS tahun ajaran 2022 resmi dibuka sejak kemarin, tepatnya 26 Januari 2022. Hanya berlangsung selama 4 hari, pendaftaran akan ditutup pada 30 Januari 2022 mendatang.

Sementara itu, diselenggarakannya Penerimaan Siswa SIPSS ini bertujuan untuk menerima calon Perwira Polri menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

“Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) melalui pendidikan pembentukan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana,” demikian penjelasan seperti mengutip Pengumuman Nomor Peng/7/I/DIK.2.1./2022 tentang Penerimaan Siswa SIPSS T.A. 2022.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini