Sukses

Rupiah Ditutup Melemah Usai The Fed Beri Sinyal Naikkan Suku Bunga

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Kamis sore ditutup melemah

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Kamis sore ditutup melemah setelah bank sentral Amerika Serikat The Fed memberikan sinyal kenaikan suku bunga.

Rupiah sore ini ditutup melemah 36 poin atau 0,25 persen ke posisi 14.389 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.353 per dolar AS.

"Dolar AS menguat pasca pengumuman sikap terbaru dari Federal Open Market Committee (FOMC) semalam serta kekhawatiran pasar terhadap ketegangan geopolitik di Ukraina," kata analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/1/2022).

Dolar AS menguat setelah The Fed memberikan sinyal akan menaikkan suku bunga pada Maret 2022 yang sesuai ekspektasi pasar dan meluncurkan pengurangan yang signifikan dalam kepemilikan asetnya.

Langkah kombinasi tersebut akan segera mengakhiri kebijakan longgar dari kebijakan moneter AS yang telah menentukan di era pandemi dan menuju perjuangan yang lebih mendesak melawan inflasi.

Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral AS akan berpikiran terbuka dalam menyesuaikan kebijakan moneter untuk tetap menjaga inflasi yang terus-menerus bergerak tinggi agar tidak mengakar.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketegangan Rusia-Ukraina

Sentimen lainnya yaitu masih belum meredanya ketegangan geopolitik terkait Ukraina setelah para pemimpin Barat terus mempercepat persiapan untuk melawan setiap aksi militer Rusia di Ukraina.

Sementara itu, Rusia menyatakan “kekhawatiran yang besar” setelah 8.500 tentara AS disiagakan untuk dikerahkan ke Eropa jika eskalasi terjadi.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.378 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.363 per dolar AS hingga Rp14.393 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.