Sukses

Lonjakan Inflasi Hantui Ekonomi Indonesia di 2022

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo memprediksi inflasi akan mengalami kenaikan di 2022.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, memprediksi di tahun 2022 inflasi akan mengalami kenaikan. Namun, BI berkomitmen inflasi dapat dikendalikan sesuai sasaran yaitu 3 persen plus minus 1 persen.

“Inflasi memang akan naik tapi dapat dikendalikan sesuai sasaran 3 persen plus minus 1 persen,” kata Perry dalam peluncuran Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia 2021, Rabu (26/1/2022).

Disisi lain, Perry juga optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022 bisa mencapai kisaran 4,7 persen hingga 5,4 persen.

Berbeda dengan nilai tukar, diprediksi akan menjadi tekanan tahun ini, tapi Bank Indonesia berkomitmen untuk menjaga stabilitas nilai tukar berkoordinasi dengan kementerian keuangan.

Tak hanya itu saja, BI juga memprediksi kredit perbankan akan naik diangka 7 persen hingga 9 persen. Tapi semua hal itu dapat terwujud jika beberapa persyaratan ini terpenuhi, yakni vaksinasi menyeluruh, pembukaan sektor ekonomi, stimulus fiskal dan moneter, pembiayaan hingga reformasi sektor riil serta sektor keuangan.

“Kawan-kawan perbankan Mari kita tingkatkan pembiayaan dan kredit kepada perbankan.  Prediksi kami bisa sampai 7 sampai 9 persen, bahkan bisa lebih tinggi,” ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inklusi Ekonomi

BI juga akan berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam mendorong inklusi ekonomi di sektor UMKM. Untuk itu Bank Indonesia terus berkomitmen bersama pemerintah, KSSK, dan berbagai pihak memperkuat sinergi untuk pemulihan ekonomi.

“Insyallah Tahun 2022 akan lebih, mari kita optimis, mari kita bersinergi. Kebijakan moneter memang akan kami lebih arahkan untuk stabilitas, menjaga inflasi dan tentu saja stabilitas nilai tukar karena adanya tekanan global,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, terdapat 4 kebijakan lain dari BI yang akan terus dorong dan bersinergi dengan pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi, diantaranya makroprudensial, sistem pembayaran pasar, Ekonomi keuangan dan hijau, dan juga kebijakan internasional.

“Mari kita bangkitkan optimisme di Tahun 2022 akan lebih baik marilah kita terus bersinergi untuk bersama menangkap ekonomi kita segera pulih menuju Indonesia maju,” pungkas Perry. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.