Di Hadapan Pengusaha, Luhut Siap Jor-joran Tarik Investasi

Oleh Tira Santia pada 25 Jan 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 13:30 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers evaluasi perpanjangan PPKM level.
Perbesar
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers evaluasi perpanjangan PPKM level.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, meminta investor tidak segan-segan untuk mengontaknya jika mengalami kesulitan dalam investasi di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menko Marves Luhut, dalam Webinar HIPMI "Momentum Presidensi G20 untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi", Selasa (25/1/2022).

“Kedepannya kita terus akan fokus pada investasi, dan aturan-aturan ini untuk memudahkan investasi yang mendorong transformasi ekonomi Indonesia, dan saya berharap investor tidak segan-segan mengontak saya jika mengalami kesulitan dalam investasi,” kata Luhut.

Kata Luhut, dalam upaya pemulihan ekonomi dampak pandemi covid-19, dari segi regulasi pemerintah telah menyiapkan berbagai reformasi untuk mendukung investasi dapat mendorong transformasi ekonomi Indonesia.

Pemerintah juga mengeluarkan Undang-Undang Cipta Kerja dan peraturan turunannya. Implementasi UU Cipta Kerja akan memudahkan investasi dengan perincian yang berbasis risiko.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Skema Insentif

20160816-Sidang-MPR-Jakarta-Jokowi-FF
Perbesar
Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut B Panjaitan saat menghadiri sidang tahunan MPR RI di ruang rapat paripurna 1 Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (16/8). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Disisi lain, pemerintah juga memastikan akan terus menyiapkan skema insentif yang menarik untuk mendorong investasi untuk penanaman modal dalam negeri, maupun penanaman modal asing.

“Insentif  yang ditawarkan tax holiday, kemudahan perizinan Kawasan Industri serta mengutamakan TKDN untuk pengadaan pemerintah,” ujarnya.

Luhut menggarisbawahi, Indonesia tidak dapat melarikan diri dengan tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis setiap hari. Maka dari itu perlu terus beradaptasi dan mengenali peluang dari setiap tantangan.

“Keberhasilan penanganan covid-19 telah menunjukkan bahwa dengan kerjasama yang baik kita mampu. Saya berharap agar momentum pemulihan ekonomi yang sedang terjadi hari ini tuh kita manfaatkan dengan baik akan menjadi kejutan bagi bangsa ini untuk terus berbenah,” pungkas Luhut. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya