Bantah Terbelengkalai, Pemerintah Mengaku Siapkan Rencana Besar untuk TMII

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 25 Jan 2022, 11:51 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 11:51 WIB
Uji Coba Operasional Kawasan Wisata TMII
Perbesar
Pengunjung menaiki perahu angsa di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (12/10/2021). Uji coba pengoperasian tempat wisat ini harus dengan Kapasitas pengunjung pada masa uji coba dibatasi hanya 25 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah ramai diperbincangkan, khususnya pasca beredar foto-foto yang menunjukan fasilitas hiburan di sana tampak terbelengkalai setelah diambil alih Sekretariat Negara (Setneg) sejak tahun lalu.

Pengambilalihan TMII ini bukan tanpa alasan. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai program penataan ulang, khususnya dalam menyambut berbagai event internasional seperti Presidensi G20 2022, Asean Summit 2023 hingga MotoGP Mandalika.

Hal tersebut dikonfirmasi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menggelar rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (25/1/2022).

Renovasi TMII tersebut telah mendapat penugasan khusus dari Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional di Bali, DKI Jakarta, NTB, dan NTT.

Pemerintah juga telah menyediakan alokasi anggaran senilai Rp 1,136 triliun untuk renovasi Taman Mini Indonesia Indah. Rencananya, Menteri Basuki juga akan melakukan kunjungan kerja ke lokasi pasca rapat bersama Komisi V DPR.

"Karena pak Presiden Jokowi sedang diluar kota, kita hari ini (Selasa, 25 Januari 2022) diajak pak Setneg akan meninjau pekerjaan Taman Mini Indonesia Indah," ujar Menteri Basuki.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lakukan Peninjauan

FOTO: Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan dan Pemanfaatan TMII
Perbesar
Pengunjung bersepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menurut informasi yang didapat Liputan6.com, Menteri Basuki beserta jajarannya di Kementerian PUPR akan melakukan tinjauan ke TMII pada Selasa hari ini sekitar pukul 15.00 WIB.

Menteri Basuki memaparkan, renovasi TMII senilai Rp 1,136 triliun antara lain akan dilakukan dalam bentuk; penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, renovasi Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno).

Kemudian, untuk dilakukan renovasi museum, penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi museum Theater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas, struktur parkir (elevated), serta revitalisasi Danau Archipelago.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya