Mengenal Bipolar Disorder dan Cara Mengatasinya di Tempat Kerja

Oleh Liputan6.com pada 24 Jan 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 07:00 WIB
Penyakit Bipolar Disorder
Perbesar
ilustrasi bipolar disorder (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang memiliki gangguan kesehatan mental, khususnya bipolar. Dalam beberapa kasus masalah tersebut terkadang bisa mengganggu. Terlebih ketika bekerja, setiap individu yang memiliki gangguan tersebut harus bisa mengatasinya dengan baik.

Gangguan bipolar atau disebut bipolar disorder ini termasuk gangguan mental yang berkaitan dengan perubahan mood atau perasaan seseorang. Secara tiba-tiba seseorang bisa langsung merasa bahagia dan menjadi sangat sedih.

Hal tersebut tentu akan mengganggu apalagi ketika sedang bekerja. Oleh karena itu, bila Anda termasuk salah satu penderita dari gangguan bipolar harus mengetahui apa saja cara untuk mengatasinya.

Melansir laman Enterpreneur, Senin (24/1/2022), berikut ini tips membantu mengatasi bipolar disorder dalam kehidupan kerja.

1. Buat Jadwal

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda membuat rencana atau jadwal yang akan dilakukan. Hal itu akan membuat Anda merasa lebih produktif dan mengetahui kegiatan yang diprioritaskan.

2. Lakukan Terapi

Terapi dapat membantu Anda menjadi lebih baik. Jika Anda menderita mania, itu tidak bisa dibiarkan lebih lama. Meski terapi memakan biaya, Anda sebaiknya melakukannya demi kesehatan mental.

3. Identifikasi Pemicunya

Dengan mengidentifikasi pemicu ini, Anda bisa mengetahui apa yang menyebabkan kesehatan mental terganggu.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Cari Orang yang Bisa Diajak Berbicara

5 Tips Ampuh Mendapatkan Tawaran Gaji Tinggi Saat Wawancara Kerja
Perbesar
Begini caranya mendapatkan tawaran gaji tinggi saat wawancara kerja.

Memiliki orang yang dipercaya dan dapat diandalkan ketika kesehatan mental Anda ini mengganggu dapat membantu dan mengontrol diri Anda ke arah yang lebih baik. Bersama orang tersebut Anda bisa meluapkan apa yang dirasakan.

5. Temukan Motivasi

Karena tuntutan pekerjaan, Anda harus tetap menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu meskipun sedang bipolar disorder. Untuk itu, salah satu cara mengatasinya Anda mungkin bisa mencari motivasi yang bisa membuat diri sendiri terpacu cepat menyelesaikan pekerjaan.

6. Bekerja Sesuai Porsi

Terkadang mungkin Anda bekerja keras melebihi kemampuan. Namun, hal itu tidak baik. Jadi, sebaiknya lakukanlah pekerjaan sesuai porsi kemampuan Anda. Jangan sampai Anda stres karena pekerjaan karena kesehatan mental lebih berharga.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. Berpikir Sebelum Berbicara

[Fimela] Bekerja di kantor
Perbesar
Tips memprioritaskan pekerjaan | unsplash.com

Perkataan yang tidak dipikir terlebih dahulu sebelum dibicarakan terkadang bisa menyakitkan. Namun dalam kondisi mental ini, terkadang memang tidak bisa mengontrolnya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk selalu berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara.

8. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Tidak baik bila Anda terlalu mementingkan keinginan dibanding kebutuhan. Itu berarti Anda harus memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya